Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggaran Covid-19 Rp 405 T Belum Sentuh Pendidikan, Jokowi Harus Revisi!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 02 Juni 2020, 23:31 WIB
Anggaran Covid-19 Rp 405 T Belum Sentuh Pendidikan, Jokowi Harus Revisi<i>!</i>
Ketua Umum KNPI, Haris Pertama/Net
rmol news logo Penggunaan anggaran penanggulangan wabah Covid-19 yang mencapai Rp 405 triliun kini dipersoalkan.

Seperti yang diungkapkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Besaran anggaran tersebut hingga kini tak ada alokasi untuk dunia pendidikan.

"Kami sangat menyayangkan alokasi untuk pendidikan tidak ada. Banyak teman-teman mahasiswa yang tidak sanggup lagi membayar kuliah karena orang tuanya terdampak Covid," kata Ketua Umum KNPI, Haris Pertama dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6).

Di sisi lain, kesulitan para mahasiswa tak dibarengi dengan kebijakan universitas maupun sekolah. Mahasiswa tetap dipungut bayaran.

"Pihak kampus kadang tidak peduli, mahasiswa tetap harus membayar uang semester maupun uang sekolah. Harusnya pemerintah peduli terhadap dunia pendidikan," tegas mantan aktivis HMI ini.

Oleh karenanya, ia mendesak Presiden Joko Widodo beserta para menterinya merevisi anggaran Covid-19. Dalam alokasinya nanti, harus ada anggaran untuk dunia pendidikan.

"Pepatah mengatakan, pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia, nah bagaimana Indonesia mau maju, jika pemerintah abai akan dunia pendidikan," kritik Haris.

Berdasarkan pemaparan pemerintah, alokasi anggaran sebesar Rp 405,1 triliun dalam penanganan virus corona diberikan untuk belanja bidang kesehatan Rp 75 triliun, perlindungan sosial Rp 110 triliun, insentif perpajakan dan stimulus kredit usaha rakyat (KUR) Rp 70,1 triliun, dan pemulihan ekonomi nasional Rp 150 triliun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA