Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Ada Gangguan Covid-19, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Sukses Tunjukkan Kinerjanya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 02 Juni 2020, 23:43 WIB
Meski Ada Gangguan Covid-19, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Sukses Tunjukkan Kinerjanya
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Repro
rmol news logo Kinerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto dinilai berhasil meskipun sedang dalam kondisi sulit yakni akibat pandemik virus corona baru (Covid-19).

Hal itu disampaikan oleh pengamat politik, Emrus Sihombing melihat kinerja Airlangga Hartarto yang mampu mengendalikan kondisi perekonomian di tengah Covid-19 ini.

"Secara umum dapat kita katakan berhasil atau bagus ya karena pada masa Pandemik Covid-19 ini saya pikir ini suatu peristiwa yang tiba-tiba datang, tidak kita duga dan menjadi variabel dari eksternal variabel, tidak dari pemerintah. Nah tetapi kita melihat sampai sekarang Kementerian ekonomi dan perindustrian itu sampai sekarang belum terganggu," ucap Emrus Sihombing kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (2/6).

Misalnya kata Emrus, Airlangga mampu mengkoordinasikan Kementerian di bawahnya yakni seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Perindustrian.

"Katakanlah terkait dengan persediaan pangan kita, persediaan kebutuhan kita, persediaan peralatan sebagai produk industri. Saya kira belum tentu terganggu," kata Emrus.

Namun demikian kata Emrus, ia juga memiliki catatan adanya gangguan pada produksi Alat Perlindungan Diri (APD) di saat Pandemik Covid-19.

"Hanya aspek itu saja, namun kalau boleh jujur mengatakan sebagai suatu gangguan daripada kinerja kementerian saya kira kita harus akui, tetapi itu kan dari faktor eksternal tiba-tiba begitu. Sekarang boleh dikatakan relatif perekonomian kita tidak begitu terganggu, bidang perindustrian semua produk produksi kita masih tersedia semua kan," terang Emrus.

Dengan demikian, Emrus berkesimpulan bahwa Airlangga mampu bekerja dengan baik bahkan sukses meskipun adanya gangguan akibat Covid-19 ini.

"Kesimpulannya, sekalipun ada gangguan akibat Covid-19 ini, secara makro saya mengatakan Menteri Koordinator Perekonomian yang dipimpin oleh saudara Airlangga Hartartomenurut saya berjalan dengan baik bahkan kalau boleh dikategorikan sukses dengan catatan sedang ada Covid ini saja yang menganggu boleh dikatakan kementerian ini dapat menunjukkan kinerja secara umum," pungkas Emrus.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA