Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LSI Sarankan Enam Strategi Jalankan New Normal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 05 Juni 2020, 21:36 WIB
LSI Sarankan Enam Strategi Jalankan <i>New Normal</i>
Peneliti LSI Denny JA saat memaparkan hasil penelitian/RMOL
rmol news logo Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merumuskan enam strategi untuk menjalani aturan kehidupan baru atau new normal di saat pandemik virus corona baru atau Covid-19.

Peneliti LSI Rully Akbar memaparkan, keenam strategi tersebut yakni pertama tingkat pembatasan sosial diturunkan ke hanya di level RT dan RW atau dengan kata lain skala pembatasan diperkecil.

“Tidak lagi dalam skala luas, level kota atau kabupaten dan provinsi,” kata Rully dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/6).

Dengan begitu, wilayah atau zona yang tidak terpapar virus (zona hijau) dapat kembali beraktivitas namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian strategi kedua, papar Rully, area atau cluster bisa buka tutup sesuai perkembangan kasus.

Pembatasan sosial berskala kecil di level RT/RW, desa atau cluster dapat dibuka jika kasus di wilayahnya telah menurun (terkontrol), namun bisa segera ditutup kembali jika ada kasus baru atau peningkatan kasus.

Strategi ketiga diperlukan keterlibatan aktif pemimpin masyarakat dari lintas sektor untuk melakukan edukasi dan menerapkan sekaligus mengawal penerapan protokol kesehatan di lingkungan mereka masing-masing.

“Para ulama dan pedeta di tempat ibadah, pengusaha di mal, restoran, pabrik, kepala sekolah atau rektor di lembaga pendidikan dan lainnya, semuanya bahu-membahu menjamin bahwa protokol kesehatan diterapkan dengan baik,” jelasnya.

Lalu kemudian strategi keempat adalah dengan melindungi orang-orang yang rentan terpapar Covid-19 yaitu mereka yang berusia diatas 45 tahun keatas dengan lima penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan penyakit paru kronis.

“Yakni dengan memperbolehkan mereka Work From Home (WFH),” ujar Rully.

Lalu yang kelima, dengan memperkuat imunitas seperti anjuran para ahli, dengan memperkuat imunitas dapat menahan laju penularan Covid-19.

Berikutnya adalah dengan memperkuat fasilitas kesehatan dan peralatan medis di daerah. Dengan dibuka kembali aktifitas warga dan aktifitas ekonomi, secara bersamaan pemerintah pusat dan daerah harus terus memperkuat fasilitas kesehatan dan peralatan medis.

Diantaranya adalah fasilitas rumah sakit, ruangan ICU, ventilator, alat perlindungan diri (APD) untuk tenaga medis, laboratorium tes, dan ketersediaan tenaga medis.

“Dengan memperhatikan enam pedoman strategi di era new normal ini, diharapkan Indonesia mampu menjaga keseimbangan antara isu kesehatan dan isu ekonomi,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA