Gus Nabil: Harus Ada Reward And Punishment Saat Pemberlakuan New Normal

Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen/Net

Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen berpendapat, pemerintah harus menerapkan reward and punishment terhadap semua sektor selama pelaksanaan new normal.

Menurut anggota Fraksi PDIP yang akrab disapa Gus Nabil itu, penerapan sanksi dan penghargaan di era new normal ini diharapkan stake holder memiliki tanggung jawab bersama dan bisa lebih disiplin untuk menerapkan standar protokol kesehatan.

"Semua sektor termasuk tempat ibadah sekalipun, mana yang tidak memenuhi standar protokol diberikan sanksi, sebaliknya ada penghargaan jika mereka memenuhi standar protokol Covid-19 dijalankan," kata Gus Nabil dalam diskusi Polemik virtual bertajuk "New Normal, Are U Ready", Sabtu (6/6).

Pasalnya, Gus Nabil mengungkapkan, hingga saat ini banyak sektor yang belum sepenuhnya menjalankan protokol kesehatan, khususnya pasar-pasar yang tidak ada screening secara ketat terhadap pengunjungnya.

Untuk itu, dia meminta pemerintah Ppusat dan daerah turun untuk melakukan intervensi dalam rangka mendisplinkan semua sektor di saat nanti menjalani era new normal.

Dari pengamatanya, Gus Nabil mengatakan banyak pasar yang belum menyiapkan marka pembatas antar pembeli dan belum dilengkapi sekat plastik antara penjual dan pembeli.

"Padahal dalam aturan new normal dimana salah satu anjurannya adalah penyediaan sekat plastik antar penjual dan pembeli. Serta, memberi jarak antar pembeli minimal 1 meter," pungkasnya.

Kolom Komentar