Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno: Milenial Harus Tangkap Peluang Usaha Di Tengah Pandemik Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 06 Juni 2020, 18:00 WIB
Sandiaga Uno: Milenial Harus Tangkap Peluang Usaha Di Tengah Pandemik Covid-19
Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Salahudin Uno/Net
rmol news logo Kaum milenial didorong untuk memanfaatkan peluang usaha di tengah pandemik Covid-19. Sebab, ada banyak usaha yang bisa dikerjakan sejalan dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Teman-teman anak-anak muda milenial supaya mereka bisa nangkap nih, peluang apa yang ada di balik pandemik ini meski dalam keadaan di rumah saja,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/6).

Menurut pengamatan mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini, beberapa bidang usaha yang bisa berkembang dalam kondisi pandemik seperti saat ini yakni di sektor kesehatan, kebutuhan olahraga, dan makanan siap saji.

Daya kreativitas milenial harus dibebaskan dan tak ada alasan tidak produktif dimasa pandemik. Terlebih beragam peluang usaha tersebut bisa dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

“Saya ingin mengingatkan bahwa walaupun kita work from home, bukan berarti kita enggak berhenti berkarya. Kita harus ngajarin produktif bukan hanya anak-anak kita yang sekolah dari rumah saja, tapi juga produktif dari rumah. Ini kesempatan kita, ini akselerasi kita ke era industri digital,” tegas Sandi.

Penggagas Rumah Siap Kerja ini menaruh perhatian khusus pada anak muda karena mayoritas populasi Indonesia adalah anak muda. Selain itu, berdasarkan data Kadin, sekitar lima juta dan menuju angka 8 juta orang-orang kehilangan pekerjaan,  termasuk dari sejumlah UMKM yang terdampak pandemik ini mayoritas di antaranya digawangi milenial.

“Milenial ini menjadi tulang punggung ekonomi kita. Ini kan generasi-generasi yang dahsyat karena sebelum pandemik ini, mereka sudah digital needed dan milenial ini menjadi lini terakhir kita untuk di pandemik ini. Milenial juga ini menjadi tulang punggung di fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Sandiaga kemudian bercerita bahwa dulu dirinya adalah seorang karyawan perusahaan dan hanyalah anak seorang guru. Kemudian, pada tahun 1997, terjadi krisis dan dirinya di-PHK dari tempatnya bekerja.

Oleh karenanya, pendiri PT Saratoga Investama Sedaya ini mengubah mindset dan mengambil hikmah di balik wabah corona serta memanfaatkan sebagai peluang untuk menciptakan lapangan kerja.

“Untuk anak muda khusunya yang mencari lapangan kerja, ambil hikmah dari pandemik ini. Temukan potensi diri kita, mungkin selama ini tersimpan tapi kita abaikan,” kata dia mengingatkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA