Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jakarta Terapkan PSBB Transisi, Lestari Moerdijat: Saatnya Masyarakat Jadi Garda Terdepan Penanggulangan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 08 Juni 2020, 21:02 WIB
Jakarta Terapkan PSBB Transisi, Lestari Moerdijat: Saatnya Masyarakat Jadi Garda Terdepan Penanggulangan Covid-19
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi sehingga peningkatan aktivitas di Jakarta mengalami peningkatan yang signifikan.  

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menegaskan, sudah saatnya masyarakat jadi garda terdepan penanggulangan virus corona baru (Covid-19). Caranya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan sepanjang melakukan aktivitas.

"Dibukanya kantor dan rumah makan akan menyebabkan peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik. Inilah saatnya masyarakat berperan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Lestari Moerdijat, Senin (8/6).

Menurut Rerie sapaan akrabnya-, imbas pemberlakukan PSBB transisi, pada hari pertama masuk kerja pasca diumumkannya masa PSBB transisi di DKI Jakarta akhir pekan lalu, terjadi penumpukan penumpang di sejumlah stasiun keberangkatan commuter line.

Para karyawan yang bersiap masuk kantor di Jakarta itu, tambah Rerie, banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak tertib menjaga jarak saat antre. Sehingga menimbulkan kerumunan.

"Dengan jarak yang relatif dekat antar orang potensi penularan juga semakin tinggi," demikian kata Rerie.

Petugas penegakan disiplin, kata Legislator Partai Nasdem ini, harus segera memberikan pemahaman secara intensif dengan pendekatan humanistis, agar masyarakat taat melaksanakan protokol kesehatan di area publik.

"New normal itu bukan berarti kita kembali normal seperti dahulu, tetapi lebih pada penerapan kebiasaan baru," ujarnya.

Penanaman kebiasaan baru yang mengedepankan kebersihan dan menjaga jarak di ruang publik, tambah Rerie, harus dilakukan sejak dini agar menjadi budaya saat beraktivitas.

Rerie berpendapat, saat pemberlakukan PSBB transisi seharusnya pemerintah daerah bisa memastikan warga yang beraktivitas di ruang publik sudah menjalani swab test dengan hasil negatif.
Teknis pelaksanaan tes itu, tambahnya, bisa dilakukan dengan bekerjasama sejumlah pihak, agar jumlah masyarakat yang sudah  menjalani tes Covid-19 meningkat tajam.

Dengan peningkatan aktivitas karyawan saat perkantoran dibuka, Rerie juga mewanti-wanti setiap perusahaan agar dapat memfasilitasi swab test.

Tujuannya, untuk memastikan para karyawannya bersih dari paparan Covid-19.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA