Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda Dengan Pemerintah, Kadin: Sudah 6,4 Juta Karyawan Dirumahkan Dan Kena PHK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 11 Juni 2020, 02:17 WIB
Beda Dengan Pemerintah, Kadin: Sudah 6,4 Juta Karyawan Dirumahkan Dan Kena PHK
Ketua Kamar Dagang Indonesia, Rosan Roeslani/Net
rmol news logo Sejumlah asosiasi industri dan bisnis yang berada di bawah naungan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) melaporkan, banyak perusahaan yang terpaksa tutup dan merumahkan ratusan ribu karyawan atau PHK akibat terdampak pandemik Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Ketua Kadin, Rosan Roeslani saat mengisi diskusi daring yang digelar Forum Diskusi Denpasar12 bertajuk 'Mempersiapkan Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Pandemi Covid-19', pada Rabu (10/6).

"Kebetulan saya di-update oleh asosiasi di bawah Kadin, asosiasi industri, asosiasi bisnis mengenai jumlah yang dirumahkan dan PHK ini makin lama makin bertambah," ujar Rosan Roeslani.

Dia mengurai, berdasarkan laporan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tercatat sudah 2.000 hotel lebih dan 8.000 restoran tutup akibat pandemik Covid-19 di Tanah Air.

"Di perhotelan yang dirumahkan 430 ribu orang dari 2.000 hotel lebih yang sudah ditutup dan melaporkan sudah tutup. Restoran lebih dari 8 ribu sudah tutup," ungkap Rosan Roeslani.

Dari ribuan hotel yang sudah tutup itu, sebagian besar berada di wilayah Jawa Barat. Belum lagi di daerah-daerah lain seperti Bali dan sekitarnya. "Padahal kalau kita tahu di Bali juga banyak hotel," ucapnya.

Selain itu, kata Rosan, perusahaan tekstil juga mencatatkan sekitar 2,1 juta orang dirumahkan hingga Ritel Hipindo, serta sektor transportasi darat Organda sebanyak 1,4 juta orang terpaksa dirumahkan. Jika ditotalkan,  maka angkanya mencapai 6,4 juta orang.

"Sehingga angkanya itu sekarang di 6,4 juta orang. Itu menurut angka dari kami, walaupun mungkin agak sedikit berbeda dengan pemerintah Kementerian ketenagakerjaan," urai Rosan Roeslani.

Angka tersebut berbeda dengan angka yang ada pada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) yang masih berada pada level 2,8 juta orang dirumahkan dan di-PHK.  

"Angka yang kami dapat dari asosiasi industri dan asosiasi bisnis yang berada di bawah Kadin ini nih sudah berada 6,4 juta orang," pungkasnya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA