Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok, Pelaksanaan Shalat Jumat Dievaluasi Kemenag

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 11 Juni 2020, 14:23 WIB
Besok, Pelaksanaan Shalat Jumat Dievaluasi Kemenag
Tangkapan layar Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin saat jumpa pers di Gedung Graha BNPB/RMOL
rmol news logo Pelaksanaan Shalat Jumat berjamaah di masjid pada masa penerapan tatanan hidup baru atau new normal bakal dievaluasi Kementerian Agama (Kemenag).

Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin menjelaskan, pihaknya akan melangsungkan evaluasi usai pelaksanaan ibadan Shalat Jumat besok (12/6).

"Menag akan melakukan evaluasi setelah 2 kali pelaksanaan Shalat Jumat. Minggu ini yang kedua kali," ujar Kamaruddin Amin dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/6).

Untuk mengevaluasi seluruh pelaksanaan di banyak masjid di Indonesia, Kemenag mengeluarkan surat edaran untuk Kantor Wilayah Kemanag untuk melibatkan penghulu dan atau petugas Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kami sudah menyurati Kanwil di seluruh Indonesia untuk memerintahkan para penghulu yang jumlahnya ada 50 ribu, dan juga kemudian KUA-KUA kita untuk memonitor, mengevaluasi pelaksanaan ibadah di rumah ibadah dan juga Shalat Jumat," terangnya.

Lebih lanjut, Kamaruddin Amin menyebutkan bahwa pelaksanaan Shalat Jumat pada pekan lalu sudah berjalan baik. Pasalnya, kebanyakan masjid sudah menerapkan protokol kesehatan yang dibuat Kemenag.

"Dan kita juga mendapat masukan mengenai yang tidak menerapkan physical distancing, meskipun jumlahnya tidak banyak. Di Jakarta juga ada. Tapi secara umum bagus, menerapkan protokol kesehatan," demikian Kamaruddin Amin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA