Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kandidat Calon Kapolri, IPW: Menarik Mantan Ajudan SBY Masuk Bursa Calon Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 11 Juni 2020, 16:26 WIB
Kandidat Calon Kapolri, IPW: Menarik Mantan Ajudan SBY Masuk Bursa Calon Kuat
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane/Net
rmol news logo Meskipun masa dinas Kapolri Jenderal Idham Azis masih tersisa lebih kurang enam bulan, namun bursa pengganti jabatan Tribrata 1 itu mulai diperbingcangkan di ruang publik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane sebelumnya menyampaikan, terdapat lima orang Perwira Tinggi (Pati) Polri yakni lima jenderal bintang tiga atau Komjen dan tiga jenderal bintang dua atau Irjen.

Kelima Komjen yang disebut calon kuat adalah, Komjen Gatot Eddy Pramono (Wakapolri, Akpol 1988), Komjen Rycko Amelza (Kabaintelkam Polri, Akpol 1988), Komjen Agus Andrianto (Kabarhakam Polri, Akpol 1989), Komjen Boy Rafli Amar (Kepala BNPT, Akpol 1988), dan Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim, Akpol 1991.

Sedangkan untuk bintang dua ada beberapa nama yang juga dinilai potensial yakni Irjen Nana Sudjana (Kapolda Metro Jaya, Akpol 1989), Irjen Ahmad Luthfi (Kapolda Jateng, SIPSS 1989), dan terakhir adalah Irjen Fadil Imran (Polda Jatim, Akpol 1991).

Meski telah menyebut delapan jenderal calon Kapolri, Neta mengatakan, siapa yang paling berpeluang dan kandidat kuat baru bisa terbaca pada November 2020 yang akan datang.

“Baru November bisa dibaca karena sudah mengkristal,” kata Neta kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (11/6).

Menurut Neta, berdasarkan hasil riset dan kajiannya, dua jenderal bintang tiga yaitu Komjen Rycko Amelza Dahniel terkuat, sementara Komjen Boy Rafly Amar menjadi kuda hitam.

“Tapi sementara ini yang disebut-sebut dan populer Rycko dan kuda hitamnya Boy Rafly. Tapi bursa tersebut masih terlalu cair,” ungkapnya.

IPW melihat, setidaknya terdapat tiga kelompok yang menonjol saat ini dalam level elit Polri yakni geng Solo terdiri dari Jenderal eks tugas di Solo, geng Idham Azis Jenderal yang dekat dengan Kapolri dan geng netral yang dekat dengan semua pihak.

Menarik dalam bursa calon Kapolri, sambung Neta, terdapat dua hal yaitu mencuatnya nama mantan ajudan Presiden SBY, Komjen Rycko Amelza. Mengingat, kata Neta, Rycko peraih Adhimakayasa Akpol 1988 B.

“Jika hal itu terjadi tentunya ini menjadi fenomena baru, tidak hanya di dalam dinamika Kepolisian tapi juga dalam dinamika politik, di mana mantan ajudan Presiden SBY bisa menjadi Kapolri di era Presiden Jokowi,” pungkas Neta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA