Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Petinggi Gerindra: Pelonggaran PSBB Akan Berdampak Positif Bagi Pertumbuhan Ekonomi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 15 Juni 2020, 16:18 WIB
Petinggi Gerindra: Pelonggaran PSBB Akan Berdampak Positif Bagi Pertumbuhan Ekonomi
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono/Net
Kebijakan new normal yang diambil pemerintah di tengah pandemik virus corona baru (Covid-19) dinilai sudah tepat.

Pasalnya, pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diyakini akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (15/6).

"Pelonggaran atau relaksasi PSBB di saat pandemik Covid 19 akan membawa dampak bagi tumbuhnya perekonomian nasional," ujar Arief Poyuono.

Lebih spesifik, pelonggaran PSBB atau kebijakan baru new normal akan memperlambat pemutusan hubungan kerja yang tidak bisa direm saat kebijakan PSBB diberlakukan.

"Juga, dengan pelonggaran akan terhindarnya penambahan PHK bagi pekerja yang selama kebijakan PSBB banyak yang kehilangan pekerjaannya atau dirumahkan oleh perusahaan," ucap Arief Poyuono.

Kekosongan aktifitas selama hampir 3 bulan sejak pertengahan Maret masih memberikan peluang bagi perusahaan untuk langsung bangkit.

Keuangan perusahaan diperkirakan masih bisa bertahan sampai tiga bulan. Beda halnya bila aktifitas normal mulai diadakan pada bulan Agustus atau bahkan Desember.

"Perusahaan perlu waktu mencari lagi pegawai baru untuk memulai operasi. Banyak perusahaan juga akan tidak kuat bertahan selama lebih dari tiga bulan," terang Arief Poyuono.

Dari sisi makro ekonomi, lanjut Arief Poyuono, dengan adanya stimulus fiskal yang disertai dengan realokasi anggaran untuk kesehatan, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional dari sektor keuangan, diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian secara perlahan di kuartal ketiga.

ARTIKEL LAINNYA