Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Direktur LP3ES: Presiden Indonesia Ideal 2024 Itu Yang Ilmuwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 16 Juni 2020, 22:10 WIB
Direktur LP3ES: Presiden Indonesia Ideal 2024 Itu Yang Ilmuwan
Direktur Center For Media and Democracy LP3ES, Wijayanto/RMOL
rmol news logo Indonesia sudah saatnya memikirkan pemilihan umum (Pemilu) dengan tidak lagi terjebak pada hal-hal yang tidak subtantif.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ada yang lebih penting dari sekadar angka-angka survei dalam memilih pemimpin, khususnya untuk Pilpres 2024, yakni kapasitas dan kapabilitas ilmu yang mumpuni.

Begitu disampaikan Direktur Center For Media and Democracy LP3ES, Wijayanto saat mengisi diskusi daring bertema 'Dinamika Baru Elektoral Ganjar, Anies Ridwan Kamil, Bagaimana Menurut Riset Big Data?' yang digelar pada Selasa (16/6).

"Pemimpin apa yang tepat untuk Indonesia di masa depan? Kalau menurut saya, presiden yang ideal adalah presiden yang ilmuwan," kata Wijayanto.

Dia mengurai, ada sejumlah catatan mendasar yang mengharuskan warga negara Indonesia mulai memikirkan sosok presiden yang ilmuwan tersebut.

Berdasarkan riset yang digelar Profesor di Universitas Oxford, Philips N Howard dan Samantha Bradshaw dari 70 negara, di dunia politik saat ini telah diwarnai oleh competitional propaganda dan social media manipulation.

Menurut Wijayanto, riset tersebut sangat ilmiah, rasional, dan relevan dengan kondisi era disterupsi seperti ini. Bagaimana platform media sosial (medsos) hanya menghasilkan citra politik semata.

"Jadi, untuk memanipulasi opini publik di media sosial. Nah, ini paling sering digunakan sekurang-kurangnya di masa Pemilu," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA