Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kecewa Ada Polisi Yang Panggil Pengunggah Guyonan Gus Dur, Alissa Wahid Ingatkan Tentang Teladan Tito Karnavian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Juni 2020, 13:30 WIB
Kecewa Ada Polisi Yang Panggil Pengunggah Guyonan Gus Dur, Alissa Wahid Ingatkan Tentang Teladan Tito Karnavian
Tangkapan layar unggahan Alissa pada akun Twitternya
rmol news logo Putri dari Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merasa prihatin atas tindakan yang diambil aparat kepolisian yang memeriksa seorang pria yang mengunggah guyonan lama Gus Dur tentang polisi jujur.

"Laaah yg dipanggil kok yg mengquote. Panggil yg bikin joke dong Pak,"
ujar Inayah dalam tweetnya yang ditulis pada Rabu (17/6).

Inayah menyebut insiden itu sekaligus membuktikan bahwa sekat kebebasan berpendapat dan rasa ketersinggungan sejumlah pihak di Indonesia sangat tipis.

Sebelumnya, pria bernama Ismail Ahmad (41), dipanggil pihak kepolisian terkait sebuah unggahannya di media sosial. Ia diketahui menuliskan kutipan guyonan dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, pada akun Facebook miliknya.

"Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan Jenderal Hoegeng," tulis Ismail pada unggahan akun Facebook.

Unggahan itu membuat Ismail dipanggil oleh aparat kepolisian. Pemanggilan tersebut juga dibenarkan oleh Kapolres Kepulauan Sula AKBP Muhammad Irvan. Menurutnya, pemanggilan Ismail tersebut hanya untuk keperluan klarifikasi saja.

Selain Inayah, putri Gus Dur lainnya juga ikut berkomentar. Melalui akun Twitter pribadinya, @Alissawahid, putri sulung Gus Dur tersebut mengaku heran dengan kasus yang terjadi.

Meski akhirnya Ismail dilepaskan dengan alasan polisi hanya meminta klarifikasinya, namun tindakan ini menuai kritik.

Koordinator Jaringan Gusdurian ini juga ikutan mengunggah kutipan goyunan dari ayahnya itu, disertai dengan tweet, "Joke ini yang dipersoalkan polisi?"

Alissa juga memberikan sindirannya kepada polisi dengan dengan menampilkan foto Mantan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, disertai dengan kutipan kalimat Tito yang juga sempat mengutip guyonan Gus Dur tersebut.

"Pak Polisi, ada teladan nih dari pemimpin anda semua, mantan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, sekarang Menteri Dalam Negeri. #IndonesiaDaruratHumor," tulis Alissa Wahid dalam keterangan unggahan fotonya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA