Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalau Utang Negara Tidak Ada Masalah, Ngapain Luhut Harus Takut Lawan RR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 19 Juni 2020, 09:58 WIB
Kalau Utang Negara Tidak Ada Masalah, <i>Ngapain</i> Luhut Harus Takut Lawan RR
Ekonom senior DR. Rizal Ramli/Net
rmol news logo Ada rasa takut menyelimuti Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk berdebat dengan ekonom senior DR. Rizal Ramli.

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam melihat bahwa Menko Luhut tidak hanya takut kebijakan utang pemerintah dibredeli Rizal Ramli, tapi juga tidak adanya kemungkinan untuk menang.

"Selain takut malu ketahuan borok utang pemerintah, juga Luhut tidak mungkin menang argumen debat soal utang pemerintah melawan Rizal Ramli," ucap Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (19/6).

Karena, kata Saiful, utang di era Joko Widodo sudah melebihi batas normal, sehingga dia yakin Luhut tidak mungkin memenangkan debat.

"Iya, pasti gelagapan kalau saja debat dilakukan," terang Saiful.

Namun demikian, menurutnya hal utama yang membuat Luhut takut menghadapi mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu adalah borok utang pemerintah terbuka ke publik.

"Tapi dengan penolakan tersebut, semakin menguatkan bahwa ada masalah soal utang pemerintah. Kalau tidak ada masalah ngapain takut, hajar saja buktikan melalui data yang akurat," pungkas Saiful. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA