Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teknologi Keuangan Dinilai Solusi Permodalan UMKM Di Tengah Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 19 Juni 2020, 15:24 WIB
Teknologi Keuangan Dinilai Solusi Permodalan UMKM Di Tengah Covid-19
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sanidaga Salahuddin Uno/RMOL
rmol news logo Tak dipungkiri salah satu faktor yang menghambat berkembangnnya UMKM di Indonesia adalah sulitnya akses permodalan. Tidak hanya di masa Covid-19 ini, hal itu sudah terjadi bertahun-tahun.

“Yang menghambat UMKM tumbuh berkembang adalah masih sulitnya akses pada permodalan. Selama 20 tahun terakhir, saya mengurus sektor UMKM dan keluhannya adalah sulit mencari kredit modal kerja ataupun kredit investasi,” kata mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Jumat (19/6).

Sandi menjelaskan, per hari ini portofolio kredit untuk UMKM di perbankan nasional maupun industri pembiayaan itu lebih dari 20–25 persen. Itu artinya, sekitar 60 persen ekonomi Indonesia yang menciptakan 97 persen lapangan kerja terkendala inklusif keuangan.

Namun, kata Sandi, masalah tersebut bisa teratasi dengan adanya teknologi FinTech karena dinilai bisa menjadi solusi pembiayaan dan permodalan.

“Kini dengan adanya teknologi kita bisa hadirkan FinTech atau jasa keuangan berbasis teknologi, mulai dari peer to peer lending hingga produk-produk lain yang bisa menghadirkan solusi permodalan,” ujarnya.

Politisi Gerindra ini kemudian membeberkan bahwa dirinya memiliki salah satu platform digital yang bergerak di bidang keuangan dengan pendekatan Islamic social finance yang dia namakan Bank Infaq yang tersebar di 40 lebih wilayah di Indonesia.

"Misi dari Bank Infaq ini adalah mengelola infaq secara profesional, dan hasilnya digunakan untuk membantu masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya dan mencegah dari pinjaman abal-abal dan tidak fair,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA