Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RUU Ciptaker Menjadi Momentum Untuk Perkuat UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 19 Juni 2020, 22:54 WIB
RUU Ciptaker Menjadi Momentum Untuk Perkuat UMKM
Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Berly Martawardaya/Net
rmol news logo Beragam kemudahan yang ditawarkan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja harus menjadi momentum untuk memperkuat UMKM.

"Ini momentum untuk berbenah. Regulasi yang dulunya merepotkan UMKM harus diubah menjadi lebih sederhana sehingga saat krisis akibat pandemik ini usai, UMKM kita bisa lebih maju," kata Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Berly Martawardaya saat dihubungi wartawan, Jumat (19/6).

Berly mencatat, persoalan yang selama ini membelit pelaku UMKM adalah tumpang tindih regulasi antara pusat dan daerah yang mengakibatkan lambannya urusan perizinan usaha.

"Kalau bisa diatur juga soal perizinan usaha satu pintu dan terpusat, jadi UMKM tidak repot saat mengurus izin usaha. Kalau urus perizinan susah, ekonomi kita sulit untuk bangkit," imbuh Berly.

Tak hanya soal kemudahan izin, Berly juga mengusulkan agar UMKM dilibatkan dalam proyek pengadaan berskala kecil oleh pemerintah.

"Misal urusan katering, kalau bisa UMKM ini dilibatkan. Jadi bukan hanya perusahaan besar saja yang ikut terlibat, UMKM juga harus diberdayakan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA