Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Pilpres 2024: Pendukung Jokowi Akan Berlabuh Ke Prabowo-Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 25 Juni 2020, 15:12 WIB
Survei Pilpres 2024: Pendukung Jokowi Akan Berlabuh Ke Prabowo-Ganjar
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo/Repro
rmol news logo Kans kandidat baru untuk gelaran Pilpres 2024 terbuka lebar dengan berakhirnya periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang tak bisa kembali mencalonkan diri.

Yang menjadi menarik, pemilih Joko Widodo pada Pilpres 2019 yang sebesar 55,5% akan bermigrasi ke Prabowo Subianto. Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) terkait peta kekuatan untuk Pilpres 2024.

"Ada dua sosok teratas yang menjadi tempat berlabuhnya pemilih Joko Widodo. Sebanyak 10,4 % pemilih akan migrasi ke Prabowo Subianto, 9,1 migrasi ke Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara kepada redaksi, Kamis (25/6).

Menurut Igor, hal itu terjadi karena saat ini publik menganggap sosok Ketua Umum Partai Gerindra dekat dengan Jokowi. Masuknya Gerindra sebagai koalisi di Kabinet Indonesia Maju, di mana Prabowo ditempatkan sebagai Menteri Pertahanan RI juga menjadi nilai plus.

"Pilihan masuk dalam pemerintahan Jokowi menuai respek publik pasca Pilpres 2019. Ditunjang dengan kinerjanya yang mumpuni sebagai Menteri Pertahanan, bisa dikatakan Prabowo dianggap layak untuk maju kembali sebagai capres di pemilu yang akan datang (2024)," jelas Igor.

Selain Prabowo dan Ganjar, sosok lain yang akan mendapat ceruk pemilih Jokowi adalah Airlangga Hartarto sebesar 7,3%, Ridwan Kamil 6%, dan Tri Rismaharini 5,9%.

Survei SPIN dilakukan pada 14-21 Juni 2020 dengan melakukan wawancara tatap muka pada 1.100 responden yang menggunakan metode multistage random sampling. Adapun margin of error berada di angka kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA