Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Apresiasi Munas JMSI, Menkominfo Ajak Media Bangun Peradaban Baru Yang Bermutu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 29 Juni 2020, 16:21 WIB
Apresiasi Munas JMSI, Menkominfo Ajak Media Bangun Peradaban Baru Yang Bermutu
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi, Widodo Muktiyo/Net
rmol news logo Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi acara Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang digelar secara virtual pada hari ini, Senin (29/6).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Apresiasi Johnny G. Plate itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi, Widodo Muktiyo yang mewakilinya hadir di Munas JMSI.

"Atas nama Menkominfo RI, saya menyampaikan pesan dari Pak Menteri, kami mengapresiasi, mengucapkan selamat kepada teman-teman JMSI yang sudah berhasil berkumpul dan membuat organisasi, ini adalah organisasi yang sangat penting," ujarnya.

Widodo Muktiyo lantas menyampaikan harapan Menteri Johnny pada JMSI. Dalam hal ini, Menteri Johnny mengurai bahwa media adalah cerminan peradaban bangsa Indonesia di tengah derasnya arus informasi pada masa pandemik Covid-19.

"Media yang teman-teman miliki ini semua adalah cerminan dari peradaban bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia ini akan dilihat peradabannya, salah satunya di era Covid-19 ini adalah bagaimana komunikasi virtual kita," tegasnya.

Widodo mengurai, dunia digital memiliki peranan vital sekaligus ancaman yang tidak kalah serius jika tidak dibarengi dengan prinsip-prinsip kehati-hatian dan peningkatan kualitas.

Media siber, kata dia, dengan berbagai tantangan yang menghinggapi akan tetap menjadi mitra pemerintah dalam menegakkan pilar keempat demokrasi.

Pilar itu adalah memastikan bagaimana kebebasan kita berpendapat di dalam media siber ini menjadi tantangan baru yang punya peluang dan harapan sekaligus.

“Ini harus ditata betul. Jangan sampai di tengah Covid-19 ini ada infodemik. Di mana kebanyakan informasi yang akhirnya kita seringkali bingung mana informasi yang harus kita telan, dan harus kita abaikan," tuturnya.

Menkominfo, sambung Widodo, sangat berharap kepada JMSI di Munas pertamanya ini untuk bergotong-royongan bersama pemerintah menangani derasnya arus informasi tentang Covid-19.

"Bagaimanapun juga masyarakat membutuhkan informasi yang bermutu. Informasi yang harus diolah berdasarkan kaidah-kaidah jurnalistik yang baik," harapnya.

"Oleh sebab itu, saya bersama bapak-ibu temen-temen semuanya (JMSI). Mari kita bangun peradaban baru kita di Indonesia itu dengan sama-sama meningkatkan mutu," demikian Widodo. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA