Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspadai Krisis Perbankan Pasca Temuan BPK, Piter Abdullah: Harus Dipahami Bank Adalah Jantung Perekonimian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 02 Juli 2020, 15:43 WIB
Waspadai Krisis Perbankan Pasca Temuan BPK, Piter Abdullah: Harus Dipahami Bank Adalah Jantung Perekonimian
Pengamat ekonomi Piter Abdullah/Net
rmol news logo Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyebut pengawasan Ototitas Jasa Keuangan (OJK) terhadap sejumlah bank yang tak sesuai ketentuan bisa berimbas kepada krisis perbankan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi Piter Abdullah dalam dikusi virtual bertajuk 'Kesehatan Bank dan Isu Politik di Tengah Pandemik', Kamis (2/7).

"Tantangan berat menjaga perbankan di tengah wabah ini hendaknya jangan ditambah lagi oleh berbagai isu negatif yang berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan," ujarnya.

Persoalannya, menurut Piter, cara BPK menyampaikan hasil temuannya. Yaitu, dengan menyebutkan nama-nama bank bermasalah, sudah nampak imbasnya sekarang ini.

Salah satu bank di Indonesia kekinian, tengah mengalami kesulitan likuiditas karena nasabahnya terus menerus menarik dana mereka dari bank.

"Saya sangat menyayangkan salah satu lembaga negara kita itu menyampaikan hasil audit OJK dengan menyebut nama bank. Itu memang kewenangan mereka, tapi harus dipikirkan dampaknya terhadap perbankan itu sendiri," ungkap Piter.

Seolah tidak ragu, ekonom dari CORE Indonesia ini meyakini bahwa apa yang disampaikan BPK ada korelasinya dengan apa yang terjadi dengan Bank Bukopin sekarang ini.

"Jadi ini yang harus benar-benar kita pahami, semua pihak lembaga-lembaga negara termasuk juga lembaga politik itu harus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan. Khususnya lagi di tengah wabah covid sekarang ini," jelasnya.

"Kita harus paham bahwasanya posisi dari perbankan itu sangat dominan di dalam perekonomian kita. Perbankan ini mendominasi sistem keuangan kita, perbankan ini menjadi jantungnya perekonomian kita. Jangan buat jantung perekonomian kita ini sakit," demikian Piter Abdullah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA