Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dana Otonomi Khusus Masih Jadi Solusi Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 02 Juli 2020, 21:48 WIB
Dana Otonomi Khusus  Masih Jadi Solusi Papua
Anggota DPR RI Dapil Papua John Siffy Mirin/Net
rmol news logo Dana otonomi khusus (otsus) masih menjadi solusi untuk mengentaskan masalah di Papua. Sekalipun, memang pelaksanaannya masih butuh banyak evaluasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu kata anggota DPR RI Dapil Papua John Siffy Mirin dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Human Studies Institute, Kamis (2/7).

Menurutnya, dasar landasan filosofis dana otsus sudah sangat baik. Namun demikian, politisi PAN itu ingin pelaksanaan di lapangan dibenahi secara matang.

Dengan begitu, sambungnya, dana otsus mampu meminimalisasi kesenjangan ekonomi dan pembangunan di Papua. Tidak seperti saat ini yang terkesan hanya menguntungkan segelintir pihak saja.

“Dua provinsi di Papua dananya mencapai Rp 62 triliun, seharusnya sudah bisa buat rakyat Papua sejahtera.  Apalagi hampir 95 jabatan pemerintahan di Papua diduduki oleh putra daerah sendiri. Tetapi faktanya Papua belum maju juga sampai sekarang," ujar John Siffy Mirin.

Pernyataan ini disampaikan untuk menanggapi pembahasan mengenai program legislasi nasional. Di mana pemerintah tengah menyiapkan naskah akademik untuk 13 RUU, salah satunya RUU Otonomi Khusus Papua.

Turut hadir dalam diskusi ini, tokoh senior Papua yang juga Ketua Forum Sabang Merauke Frans Maniagasi, Komika asal Papua Mamat Alkatiri, pakar hukum Universitas Al Azhar Suparji Ahmad, serta peneliti senior LIPI Cahyo Pamungkas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA