Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Segera Rampung, SPAM Umbulan Siap Aliri Air Bersih Ke 1,3 Juta Warga Jatim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 03 Juli 2020, 08:24 WIB
Segera Rampung, SPAM Umbulan Siap Aliri Air Bersih Ke 1,3 Juta Warga Jatim
SPAM Umbulan/Setkab
rmol news logo Pasokan air bersih untuk warga di lima kabupaten/kota di Jawa Timur akan segera bertambah. Hal ini seiring dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan yang telah mencapai 98,22 persen.

Saat nanti rampung, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik bisa memanfaatkan Proyek Strategis Nasional (PSN yang memiliki kapasitas 4.000 liter/detik dan dapat melayani 310.000 sambungan rumah (SR) atau 1,3 juta orang.

Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017 melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah dengan PT. Meta Adhya Tirta Umbulan selaku pemenang lelang.

Sebagaimana dikutip laman Setkab, Jumat (3/7), besarnya investasi Rp 2,05 triliun dengan besaran dukungan kelayakan/Viability Gap Fund (VGF) dari pemerintah sebesar Rp 818 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Kementerian PUPR memberikan dukungan agar SPAM Umbulan bisa direalisasikan agar tarif air nantinya terjangkau bagi masyarakat.

Dukungan yang diberikan yakni pembiayaan dan pembangunan pipa dari titik offtake sampai ke jaringan pipa distribusi utama, pembiayaan dan pembangunan fasilitas instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik, penempatan pipa dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol yang dilalui.

Penempatan pipa dilakukan pada ruas jalan tol Pasuruan-Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto dan Surabaya-Gresik.

Sumber air baku SPAM Umbulan berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km dengan total 14 titik reservoir offtake.

Pelayanan SPAM Umbulan diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA