Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gugus Tugas: Daerah Zona Hijau Hampir Seratus, 66 Di Antaranya Sama Sekali Tidak Terpapar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 03 Juli 2020, 13:11 WIB
Gugus Tugas: Daerah Zona Hijau Hampir Seratus, 66 Di Antaranya Sama Sekali Tidak Terpapar
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito/Net
rmol news logo Jumlah daerah yang terbilang tidak memiliki potensi penularan virus corona baru (Covid-19), atau biasa disebut zona hijau hampir mencapai seratus.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menerangkan, dari total jumlah daerah zona hijau tersebut, ada daerah yang sama sekali tidak terdampak.

"Jadi pada saat ini per tanggal 28 Juni, kondisi di Indonesia ada total 99 daerah dengan zona hijau. Di mana 66 adalah kabupaten/kota yang tidak terdampak. Artinya belum pernah atau belum terlaporkan kasus sama sekali," kata Wiku di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (3/7).

Meski tidak merinci keseluruhan daerah yang masuk dan atau masih berada di kategori zona hijau, Wiku memberikan salah satu contoh provinsi yang bisa menjaga daerah untuk tidak tertular atau tersebar virus asal Wuhan, China itu. 

"Ini termasuk di Kalimantan Barat. Kebetulan di Kalimantan Barat yang terdampak tidak ada. Tapi ada 33 Kabupaten/kota yang tidak ada kasus baru," lanjut dia.

Dalam hal ini, Wiku kembali menekankan jika kategori zona hijau adalah daerah yang belum atau tidak terdampak Covid-19. Selain itu, suatu daerah dapat dikatakan masuk dalam kategori zona hijau apabila tidak ditemukan kasus baru.

Penghitungan waktu soal tidak ditemukan kasus baru adalah dalam 4 minggu terakhir. Selain itu, kasus kesembuhan mencapai angka 100 persen.

"Yang disebut tidak ada kasus baru adalah selama 4 minggu terakhir tidak ada kasus baru dan kasus sembuh yang ada sebesar 100 persen," jelas Wiku.

"Ada 33 dan menurut kami adalah prestasi. Karena sebelumnya mereka berada dari zona lain. Bisa zona hijau, orange, dan bisa jadi zona merah," demikian Wiku Adisasmito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA