Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Delay Unggah Video Marah-marah, Pengamat: Jokowi Sedang Cek Ombak Tapi Risikonya Jadi Bahan Guyonan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 03 Juli 2020, 19:07 WIB
<i>Delay</i> Unggah Video Marah-marah, Pengamat: Jokowi Sedang Cek Ombak Tapi Risikonya Jadi Bahan Guyonan
Presiden RI, Joko Widodo marah saat rapat kabinet bersama para menteri/Ist
rmol news logo Ada upaya cek ombak yang sedang dilakukan Presiden Joko Widodo sebelum benar-benar melakukan reshuffle kabinet.

Hal itu tercermin dalam keputusan mempublikasi video pidato presiden selang 10 hari setelah sidang kabinet bersama para menterinya.

"Bisa diduga bahwa presiden serius ingin melakukan reshuffle kabinet tetapi dengan melihat respons publik terlebih dahulu," kata pengamat politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (3/7).

Keputusan tersebut tentu memiliki risiko bagi istana. Ketika unggahan video kemarahan presiden tak berdampak apapun, kata Igor, akan ada krisis kewibawaan presiden itu sendiri.

"Akan ada krisis kewibawaan dari presiden, yang berujung pada guyonan, sindiran, bahkan hujatan kepada kepala negara. Di sini reputasi Jokowi sebenarnya dipertaruhkan," tegasnya.

"Jadi, di-publish-nya video itu harus dapat mencerminkan keinginan kuat presiden menggunakan hak prerogatifnya melakukan reshuffle kabinet untuk perbaikan kinerja kabinet di periode keduanya ini," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA