Sejumlah Pejabat Yang Rangkap Jabatan Komisaris BUMN Kembali Terungkap, Ini Nama-namanya

Ilustrasi/Net

Berkat penelusuran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), sejumlah pejabat kementerian yang melakukan rangkap jabatan sebagai komisaris di beberapa BUMN kembali terungkap.

Anggota Tim Investigasi DPP KNPI, Roy M. Siregar, merilis nama-nama perusahaan dan pejabat negara yang rangkap jabatan di perusahaan plat merah itu.

Di PT Biro Klarifikasi Indonesia, PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia setidaknya terdapat tiga nama pejabat negara yang rangkap jabatan di Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, dan Lembaga Negara lainnya.

“Di PT Biro Klarifikasi Indonesia ada nama Agung kuswandono yang menjabat Sekretaris Kemenko Maritim dan Investasi; Dwi Budi Sutrisno, Sestama di BMKG; Raden Hari Hikmat, Dirjen Rehabilitasi Sosial; dan M Amperawan, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekbin RI,” urai Roy dalam keterangan resminya, Senin (6/7).

Roy melanjutkan, di PT Sucofindo terdapat Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggriono; Asisten Departemen Restrukturisasi BUMN dan Pendayagunaan Portofoilio Kepemilikan Negara Minoritas, Aditya Dhanwantara; Kemenkeu, Ilhamsyah Widyaiswara; dan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, M. Rudy Salahuddin.

Sedangkan di PT Surveyor Indonesia, ada Imam Tambagyo yang merupakan Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional; lalu Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenkoperekonomian, Bambang Adiwinarso; dan Kabag Humas dan Protokoler Kemen BUMN, Ferry Adrianto.

Di PT Perum Produksi Film Negara ada Ricky Joseph yang menjabat Pesik Stafsus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif Kemenparekraf dan Rosasita Niken Widiastuti yang tak lain adalah Sekjen Kominfo.

Sementara PT Semen Indonesia terdapat Dirjen Perimbangan Keuangan, Astera Primanto Bhakti; Asisten Departemen Bidang Jasa Konstruksi dan Perumahan Kemen BUMN, Hendrika Nora Osloi Sinaga; dan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kemeneg BUMN, Lydia Silvana Djaman.

“Yang tidak kalah menariknya di PT Telkom ada Rhenald Kasali, Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi UI; kemudian Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail; dan Deputi Bidang SDM Kemen BUMN, Alex Denni,” urai Roy.

Kemudian di PT Energi Manajemen Indonesia (EMI) ada pejabat Lemhanas, Timothius D. Harsono. Di PT Perikanan Nusantara terdapat Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Zulficar Mochtar;  dan Dirjen Penguatan Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, R. Nilanto Perbowo.

Ditambahkan Roy, di PT Perikanan Indonesia ada Kepala Badan Riset dan SDM KKP, Sjarief Widjaja; Kabid Usaha Konstruksi Kemen BUMN, Luizha; dan
Sesditjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Agus Indarjo.

Selanjutnya di PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) ada nama Ramelan, pejabat di Kemenhan; Kabid Usaha Jasa Keuangan,
Jasa Survey dan Konsultan dua A Kemen BUMN, Abdi Mustakim; Dirjen Industri Agro Kemenperin, Abdul Rochim; dan Sekjen Kementerian ATR/BPN RI, Himawan Arief Sugoto.

“DPP KNPI akan meneruskan data pejabat negara yang rangkap jabatan itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar dapat diinvestigasi lebih lanjut,” tutup Roy.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • JK, Buat Kejutan Apa di 2024?

Selasa, 26 Januari 2021
Video

Klarifikasi Ambroncius Nababan

Selasa, 26 Januari 2021

Artikel Lainnya

Politik Uang Makin Mengakar Akibat Buruknya Sistem Lingkungan Politik
Politik

Politik Uang Makin Mengakar ..

27 Januari 2021 08:03
Presiden Jokowi Akan Disuntik Vaksin Sebelum Melantik Komjen Sigit Jadi Kapolri
Politik

Presiden Jokowi Akan Disunti..

27 Januari 2021 07:48
Putri Gus Dur Lempar Tanya Soal Wajib Jilbab Alasan Cegah Nyamuk
Politik

Putri Gus Dur Lempar Tanya S..

27 Januari 2021 06:10
Jokowi Berduka Sehari Setelah Bersyukur, Said Didu: Katanya Sukses...
Politik

Jokowi Berduka Sehari Setela..

27 Januari 2021 03:43
Pamer Foto Jokowi Dan Biden, Menlu Retno Kena Tegur Komisi I DPR
Politik

Pamer Foto Jokowi Dan Biden,..

27 Januari 2021 02:53
RUU Pemilu Jangan Sampai Bikin Gaduh
Politik

RUU Pemilu Jangan Sampai Bik..

27 Januari 2021 02:09
Gerakan Nasional Wakaf Uang, Iwan Sumule: Negara Bangkrut?
Politik

Gerakan Nasional Wakaf Uang,..

27 Januari 2021 00:33
Semprot Ali Lubis, Ariza Patria: Harusnya Paham Tugas Partai
Politik

Semprot Ali Lubis, Ariza Pat..

26 Januari 2021 23:38