Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Edhy Prabowo Buka Suara, Penenggelaman Kapal Bisa Buang Duit Sampai Rp 100 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 06 Juli 2020, 17:06 WIB
Edhy Prabowo Buka Suara, Penenggelaman Kapal Bisa Buang Duit Sampai Rp 100 Juta
Rapat kera Kementerian Perikanan dan Kelautan dan Komisi IV DPR RI/RMOL
rmol news logo Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) akhirnya buka suara terkait alasan kenapa penenggelaman kapal tidak masif dilakukan seperti Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti.

"Tentang penenggelaman, semangat kami menenggelamkan kalau ada kapal-kapal itu tidak mau dihentikan ya ditenggelamkan. Hanya saja kami tidak mau bergeming di publik bahwa seolah-olah (hanya menenggelamkan kapal)," ungkap Edhy Prabowo saat Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/7).

"Pekerjaan kita banyak yang lebih mulia, banyak yang harus kita tangani," imbuhnya menegaskan.

Alasan lain yakni Edhy tidak mau berkoar-koar di media tentang penenggelaman kapal karena memang ia menghindari penenggelaman kapal. Usut punya usut, untuk melakukan penenggelaman kapal ternyata membutuhkan uang yang tidak sedikit.

"Menenggelamkan kapal itu butuh biaya lagi setelah putusan pengadilan. Rp 50 juta sampai Rp 100 juta harus ada biaya menenggelamkan lagi. Ngebornya, bakarnya, nyari tempatnya, ngumpulin orangnya, ngumpulin medianya, konsumsi dan sebagainya," ungkapnya.

Meski demikian, Edhy Prabowo menegaskan bukan berarti dia tidak menertibkan kapal-kapal 'bandel' yang masuk ke perairan Indonesia.

"Dari 53 kapal yang kami tangkap, 30 kami tangkap dari Natuna," tukasnya.

Pernyataan menteri asal Gerindra itu pun diapresiasi Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sudin. Dia sepakat bahwa penenggelaman kapal merusak dan mencemari lingkungan.

"Saya setuju. Kalau masih bisa dimanfaatkan (tak perlu ditenggelamkan). Lagipula penenggelaman kapal itu kan merusak lingkungan. Yang namanya kapal pasti ada mesin, walaupun dikuras enggak mungkin bersih," demikian Sudin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA