Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi IV Cecar Syahrul Yasin Limpo: Asal Pak Menteri Tahu, Eselon I Ini Semua Programnya Copy Paste

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 08 Juli 2020, 01:35 WIB
Komisi IV Cecar Syahrul Yasin Limpo: Asal Pak Menteri Tahu, Eselon I Ini Semua Programnya Copy Paste
Kementerian Pertanian/Net
rmol news logo Komisi IV geram dengan Kementerian Pertanian yang memiliki program produksi pangan hasil jiplakan dari program sebelumnya.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat rapat kerja bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya, di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (7/7).

Semula Sudin mempertanyakan perihal target komuditas pangan 2020-2021 yang terlalu berlebihan dan berbeda jauh angkanya dengan data Badan Pusat Statistik (BPS)

“Salah satu contoh, di sini kita lihat bahannya, target komuditas utama 2020-2021 apa mungkin? Target bawang putih 591 ton? Mungkin enggak?! Sedangkan data BPS 2019 cuman 88 ribu,” tegas Sudin.

Kemudian Sudin juga mempertanyakan data Kementan soal produksi padi sebesar 58,5 ton, yang volumenya bertambah banyak namun anggarannya sedikit.

“Uangnya berkurang kok volumenya bertambah? Kemudian jagung coba kita stop dulu, Dirjen PKH coba itu tolong stop dulu rekomendasi jagung untuk pakan ternak. Saya mau tahu cukup nggak jagungnya?! Ayo kita coba stop semua, jagung untuk pakan stop, cukup enggak untuk pakannya?” tegasnya lagi.

Pihaknya meminta agar Kementan memberikan data produksi pangan dengan angka yang realistis saat memberikan pemaparan program kepada anggota dewan.

“Jadi saya mintakan, target-target ini jangan terlalu berlebihan juga, yang realistis. Kalau beda produksi satu dua juta ton itu wajar,” imbuhnya.

Sudin mencecar para dirjen di Kementan yang kerap menjiplak program sebelumnya untuk diterapkan pada periode pemerintahan saat ini.

“Asal Pak Menteri tahu, eselon I ini masih pakai copy paste semua. Waktu RDP pun ditemukan bahwa iya ini memang begini. Copy paste yang lalu tinggal pindahkan tetapi ada yang terlupa," katanya.

“Jadi janganlah copy paste, program itu yang bener. Program ini perencanaan, ini pencapaian, duitnya sekian yang dibutuhkan,” tandasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA