Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maruf Amin: Ada Paham Kurang Tepat Bahwa Aktivitas Ekonomi Di Masjid Tidak Berkah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 08 Juli 2020, 15:05 WIB
Maruf Amin: Ada Paham Kurang Tepat Bahwa Aktivitas Ekonomi Di Masjid Tidak Berkah
Tangkapan layar Wakil Presiden Maruf Amin dalam webinar bertajuk 'Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid' yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Indonesia/RMOL
rmol news logo Pemberdayaan masyarakat sekitar masjid dalam hal ekonomi masih mandek hingga saat ini.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Maruf Amin dalam webinar bertajuk 'Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid' yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Indonesia (BPMI), Rabu (8/7).

"Masjid juga menjadi basis pertahanan ekonomi umat. Potensi ini dalam waktu yang cukup lama belum termanfaatkan secara baik," ujar Maruf Amin.

Mantan Rais A'am PBNU ini menjelaskan, penyebab dari persoalan itu adalah pemahaman masyarakat yang belum mengetahui manfaat pemeberdayaan ekonomi masyarkat yang lahir dari masjid.

"Di antara penyebabnya adalah adanya pemahaman yang kurang tepat bahwa masjid harus dijauhkan dari aktifitas ekonomi. Masih kuat pemahan di tengah masyarakat bahwa aktifitas ekonomi yang dilakukan di masjid menjadi tidak berkah," ungkapnya.

Akibat dari pemahaman seperti itulah, Maruf Amin menyayangkan potensi masjid sebagai pengembangan ekonomi rakyat belum teroptimalkan.

"Terutama dalam pemberdayaan ekonomi. Sehingga menyebabkan masjid itu sendiri tidak bisa dikelola secara mandiri, secara finansial," terangnya.

"Oleh karena itu penting sekali untuk mengembalikan salah satu fungsi masjid sebagai media pemberdayaan ekonomi umat," demikian Maruf Amin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA