Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Era New Normal, Mitras DUDI Kemendikbud Tancap Gas Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 08 Juli 2020, 16:53 WIB
Di Era New Normal, Mitras DUDI Kemendikbud Tancap Gas Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip
Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta, pada tanggal 6 hingga 7 Juli 2020/Net
rmol news logo Gerak cepat dilakukan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud dalam membangun pemahaman bersama mengenai pengarsipan di lingkungan mereka.

Di masa new normal, Mitras DUDI langsung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta, pada tanggal 6 hingga 7 Juli 2020.

Tentunya kegiatan ini digelar dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan dan aturan physical distancing. Bahkan ada pembatasan peserta, yaitu sebatas 40 orang dari batas normal sebanyak 100 peserta. Di mana mereka yang tidak bisa hadir secara fisik tetap mengikuti kegiatan ini melalui video conference Zoom.

Kegiatan itu dirasa penting mengingat direktorat ini merupakan unit utama di lingkungan Kemendikbud yang baru terbentuk, setelah perombakan organisasi dan tata kerja dengan memangkas birokrasi agar lebih efektif dan efisien, yaitu kembali memasukan fungsi pendidikan tinggi ke Kemendikbud setelah sebelumnya digabung ke Kemenristek sesuai dengan Permendikbud 45/2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kasubag TU Direktorat Mitras DUDI, Yudil Chatim menjelaskan bahwa kegiatan ini menyosialisasikan mulai dari pengelolaan arsip aktif hingga pada proses penyusutan arsip dan penggunaan aplikasi Sistem Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi (SPAD). Narasumber dihadirkan dari Biro Umum Setjen Kemendikbud sebagai pembina kearsipan kementerian.

“Sebagai unit kerja baru kami menilai perlunya pemahaman tentang kearsipan agar arsip-arsip yang tercipta dapat langsung terkelola dengan baik,” ujarnya kepada redaksi, Rabu (8/7).

Utusan Setditjen Vokasi, Ella Sri Kamila mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya apa yang dilakukan merupakan bentuk gerak cepat merespon Surat Edaran MenpanRB  62/2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dalam Mendukung Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Ke depan Setditjen Vokasi akan mengawal seluruh direktorat di bawahnya agar mengelola arsip dengan baik terutama arsip yang berketerangan permanen atau statis,” tambah Ella. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA