Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIP Dinilai Penting Dijadikan UU Karena Pancasila Sumber Dari Segala Hukum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 09 Juli 2020, 21:37 WIB
PIP Dinilai Penting Dijadikan UU Karena Pancasila Sumber Dari Segala Hukum
Logo Badan Pembinaan Ideologi Pancasila/Net
rmol news logo Pembinaan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara penting dilakukan setiap warga negara, aparatur negara hingga pemerintah. Oleh karenanya, keberadaan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) penting memiliki regulasi khusus.

"Pancasila adalah sumber dari segala hukum. Pembinaan Ideologi Pancasila penting diatur dalam UU," kata Gurubesar Fakultas Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Romli Atmasasmita kepada wartawan, Kamis (9/7).

Atas dasar itu, penting pembahasan Pembinaan Ideologi Pancasila dijadikan undang-undang untuk lebih mengatur koridor pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Ia menjelaskan, pengaturan PIP dalam UU harus memastikan sebagai pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila agar tidak berpengaruh dari konflik pemikiran liberalisme dan marxisme, serta pengaruh kolonialisme yang antinasionalisme.

"Sehingga hukum yang akan diterapkan berdasarkan nilai Pancasila adalah yang mengutamakan perdamaian, musyawarah, serta berbasis hukum adat," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA