Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Ditunjuk Jadi Leading Sector Food Estate, Jokowi: Karena Menyangkut Cadangan Strategis Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 10 Juli 2020, 10:11 WIB
Prabowo Ditunjuk Jadi Leading Sector Food Estate, Jokowi: Karena Menyangkut Cadangan Strategis Pangan
Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto berbincang saat akan mengunjungi lokasi lahan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah/Net
rmol news logo Dalam kunjungannya ke Kalimantan Tengah, Kamis kemarin (9/7), Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai leading sector food estate atau penggarapan lumbung pangan di sana.

"Leading sector-nya ini nanti, karena menyangkut cadangan strategis pangan kita, akan kita berikan kepada Pak Menhan, yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian dan Menteri PU," ujar Jokowi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan dukungan penuh kepada Prabowo, terkait penggarapan lumbung pangan.

Lebih lanjut Kepala Pemerintahan ini berharap penunjukkan Prabowo dapat mengelola cadangan pangan dalam negeri, yang ujungnya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kita harapkan dengan cadangan strategis pangan kita ini betul-betul bisa kita atur kalau memang dalam negeri kekurangan, akan disuplai dari sini. Bisa padi, bisa singkong, jagung, atau bisa cabai," ucap Jokowi.

"Semuanya akan di-manage dengan manajemen yang ada. Dan kalau sisa, itulah yang akan kita ekspor ke negara lain. Saya rasa itu. Nanti teknis dan pelaksanaan ditanyakan ke Pak Prabowo atau Pak Menteri Pertanian atau Pak Menteri PU," sambungnya.

Sebagai informasi, lumbung pangan baru yang ada di Kabupaten Kapuas ini akan dilakukan di lahan seluas 20.704 hektare. Untuk saat ini, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektare.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 165 ribu hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah, yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional.

Saat ini lahan seluas 85.500 hektare dari jumlah keseluruhan tersebut adalah lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA