Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Reshuffle Pasti Jadi, Mungkin Bulan Oktober Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 10 Juli 2020, 11:24 WIB
Pengamat: Reshuffle Pasti Jadi, Mungkin Bulan Oktober Ini
Pengamat politik dari Universitas Syarief Hidaytullah UIN Jakarta, Adi Prayitno/RMOL
rmol news logo Wacana reshuffle yang dilontarkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato marah-marahnya 18 Juni silam seolah luntur, dan terkesan tidak jadi dilakukan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun, menurut pengamat politik dari Universitas Syarief Hidaytullah UIN Jakarta, Adi Prayitno, Jokowi akan tetap mereshuffle menteri yang kena omel karena ketidakbecusannya bekerja.

Apalagi melihat dalam rapat terbatas (Ratas) Selasa kemarin (7/7), Jokowi kembali menegur kinerja sejumlah kementerian, yang dianggapnya belum bisa menangani dampak pandemik virus corona baru (Covid-19).

"Saya kira pasti reshuffle ya," ujar Adi Prayitno saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (10/7).

Persoalan waktunya, kata Direktur Eksekutif Parameter Politik ini, kemungkinan akan menyesuaikan dengan kondisi pandemik Covid-19 di dalam negeri.

"Soal waktunya melihat situasi yang sedang berkembang. Terutama melihat kemungkinan corona ini kapan melandainya," ungkapnya.

Namun menurut Adi Prayitno, tidak menutup kemungkinan Jokowi bakal melakukan reshuffle tepat di umur satu tahun pemerintahan periode keduanya ini, yakni pada bulan Oktober 2020.

"Saya kira itu (waktu 1 tahun pemerintahan) cukup untuk dijadikan parameter menilai kinerja menterinya, dan mengganti menteri yang enggak bisa bekerja dimasa krisis, itu perkara biasa," tuturnya.

"Kalau sudah ganti orang kembali normal lagi juga enggak apa-apa. Namanya juga pembantu kan, tergantung siapa bosnya. Namanya pembantu ya tergantung apa kata tuannya," demikian Adi Prayitno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA