Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Stok Menipis Di Masa Pandemik, AMPG Gandeng PMI Gelar Donor Darah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 11 Juli 2020, 20:19 WIB
Stok Menipis Di Masa Pandemik, AMPG Gandeng PMI Gelar Donor Darah
AMPG menggandeng PMI DKI Jakarta menggelar donor darah/Ist
rmol news logo Stok darah di tengah situasi pandemik Covid-19 di Indonesia menipis. Atas dasar itu, Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar donor darah selama tiga hari berturut-turut, yakni dari Jumat (10/7) hingga Minggu besok (12/7).

Ketua Pelaksana kegiatan PP AMPG, Devy Kathryne mengatakan, kegiatan tersebut mengusung tema 'B1000Donation: Satu Darah, Seribu Jiwa, Sejuta Harapan' yang diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan stok darah saat pandemik.

"Stok darah di masa pandemik ini menurun hingga 70 persen dari sebelum ada Covid, sedangkan kebutuhan darah meningkat. Oleh karena itu, sebagai organisasi anak muda, PP AMPG mengajak masyarakat umum berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Devy Kathryne di The Allwynn Ballroom, Cibis Park Cilandak, Jakarta Selatan.

Ia memastikan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Jadi semua yang masuk ke area kegiatan harus pakai masker, scan suhu tubuh, mencuci tangan di tempat yang sudah disiapkan panitia. Kemudian juga menjaga jarak satu sama lain. Hal itu memang kami perhatikan jauh sebelum pelaksanaan acara ini," ujar Devy.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PP AMPG, Ilham Permana menjelaskan acara donor darah ini sebagai kelanjutan program Social Care PP AMPG yang digalakkan selama pandemik Covid-19. Hal itu juga sebagai kontribusi kader muda sesuai arahan Ketum Golkar, Airlangga Hartarto.

“Ini sebuah oase di mana anak muda bisa memberikan solusi yang konkret bagi masyarakat, khususnya untuk mereka yang sangat membutuhkan donor darah," demikian Ilham.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari PMI di mana stok darah memang sedang menipis. "Terima kasih PP AMPG telah menginisiasi agenda ini. Selama masa pandemik ini stok darah memang sangat tipis, sedangkan kebutuhan meningkat," tutur salah seorang petugas medis PMI di lokasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA