Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra DKI Ajak Warga Kirim Doa Ke Bung Hatta Di Hari Koperasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 12 Juli 2020, 11:46 WIB
Gerindra DKI Ajak Warga Kirim Doa Ke Bung Hatta Di Hari Koperasi
Proklamator RI Bung Hatta/Net
rmol news logo Perjalanan koperasi di Indonesia tak lepas dari campur tangan dan kerja keras dari Bung Hatta. Untuk itu, semua pihak harus dapat meneladani jejak wakil presiden pertama RI itu dalam membangun ekonomi kerakyatan bangsa.

Begitu kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Syarif memperingati Hari Koperasi yang jatuh pada hari ini, Minggu (12/7). Dia pun mengajak seluruh elemen bangsa untuk bisa menyempatkan waktu mendoakan sang proklamator RI itu.

"Hari ini tanggal 12 Juli adalah hari koperasi Indonesia. Mari kita kirim doa kepada almarhum bung Hatta pendiri koperasi dan kita lanjutkan perjuangan beliau," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOL Jakarta, Minggu (12/7).

Peringatan Hari Koperasi sendiri sebagai tanda diadakannya Kongres Koperasi pertama pada 11 hingga 14 Juli 1947 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Saat itu, kongres pertama yang berlangsung menjelang 2 tahun setelah Indonesia Merdeka, dibentuklah Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI).

Dalam perkembangannya, koperasi semakin kuat seiring penerbitan UU 12/1967 tentang Pokok-pokok Perkoperasian.

Koperasi telah terbukti menjadi tulang punggung nasional sekaligus pilar penting ekonomi Indonesia. Selanjutnya, pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden 62/2015 tentang Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 

Oleh karena itu,momentum Hari Koperasi Indonesia haruslah menjadi tonggak kebangkitan ekonomi nasional. Bagaimana kemudian koperasi di Indonesia menjadi basis eksistensi institusi ekonomi yang melibatkan banyak pihak dan kemudian menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi menghadapi krisis akibat pandemik global Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA