Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minta Koperasi Beralih Ke Digital, Khofifah: Gagap Di Awal Enggak Papa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 12 Juli 2020, 14:14 WIB
Minta Koperasi Beralih Ke Digital, Khofifah: Gagap Di Awal Enggak Papa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa/Net
rmol news logo Perubahan kebiasaan masyarakat di tengah pandemik Covid-19 harus menjadi momentum bagi koperasi untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Terlebih bila melihat kecenderungan masyarakat yang kini lebih gemar belanja secara daring sebagai respons anjuran pembatasan aktivitas di luar rumah dari pemerintah.

"Koperasi harus berpacu dengan situasi ini, jangan sampai terlambat. Segera beradaptasi ke layanan digital," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam peringatan hari jadi Koperasi yang ke-73 tahun di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (12/7).

Meskipun tidak mudah, namun Khofifah optimis koperasi di Jawa Timur mampu melakukan hal tersebut karena merupakan tuntutan wajib di era sekarang.

Bagi roda perekonomian Jawa Timur, koperasi dan UMKM memegang peranan sangat penting. Lebih dari 50 persen produk domestik regional bruto (PDRB) Jatim disumbang oleh koperasi dan UMKM.

Untuk jumlah koperasi aktif di Jatim tercatat ada sebanyak 21 ribu koperasi dan 9,78 juta UMKM.

"Jadi memang potensi koperasi di Jatim ini sangat luar biasa. Tidak ada pilihan lain selain sesegera mungkin bangkit dan beralih seluruh aktivitas ke ranah digital. Agak gagap diawal adalah hal biasa. Intinya, koperasi harus adaptif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif," imbuhnya.

Dalam momen peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 tahun 2020 ini, Khofifah juga mengajak pelaku koperasi dan UMKM untuk mencari celah dan menangkap berbagai peluang baru di tengah pandemik Covid-19.

"Banyak peluang yang bisa ditangkap dan dieksekusi sehingga bisa memperoleh peluang berlipat. Koperasi harus buat produk baru yang dibutuhkan oleh pasar. Jemput bola, jangan tunggu bola datang," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA