Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: RUU Ciptaker Sediakan Lapangan Kerja Untuk Hadapi Bonus Demografi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 12 Juli 2020, 22:45 WIB
Pengamat: RUU Ciptaker Sediakan Lapangan Kerja Untuk Hadapi Bonus Demografi
Ilustrasi para pencari kerja/Net
rmol news logo Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja dinilai akan menjawab kebutuhan lapangan kerja bagi Indonesia yang tengah menghadapi bonus demografi.

Menurut pengamat ketenagakerjaan dari Indonesian Consultant at Law (IClaw), Hemasari Dharmabumi, regulasi sapu jagat tersebut penting lantaran bonus demografi akan menjadi ancaman bila tidak ditanggulangi sejak awal.

"Pemerintah melihat ada potensi ancaman dari bonus demografi. Karenanya, RUU Cipta Kerja dibuat oleh pemerintah untuk ciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," kata Hemasari dalam keterangannya, Minggu (12/7).

Dijelaskan Hemasari, bonus demografi akan membuat angkatan kerja di Indonesia meningkat tajam. Artinya, usia produktif akan masuk dalam angkatan kerja, sedangkan orangtua akan tergeser.

Membludaknya angkatan kerja inilah akan menimbulkan masalah sosial, ekonomi, dan politik bila tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja. Oleh karenanya, RUU tersebut hadir untuk menciptakan lapangan kerja karena akan mengundang investasi.

"Kenapa pemerintah membuat RUU Cipta Kerja ini? Karena tingkat pengguran di Indonesia ini masih sangat tinggi. RUU Cipta Kerja akan mendatangkan investasi dan membuka lapangan kerja," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA