Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prediksi Analis, Dalam Waktu Dekat Jokowi Lakukan Perombakan Kabinet Secara Besar-besaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 13 Juli 2020, 05:51 WIB
Prediksi Analis, Dalam Waktu Dekat Jokowi Lakukan Perombakan Kabinet Secara Besar-besaran
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Wacana perombakan kabinet periode kedua Presiden Joko Widodo diprediksi akan dilakukan dalam waktu dekat.

Analis politik dari Universitas Nasional, Andi Yusran memprediksi perombakan yang akan dilakukan Jokowi bukan untuk evaluasi para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju melainkan reposisi elite partai pendukung.

Dalam pandangan Doktor Politik Universitas Padjajaran ini, perombakan kabinet sebagai pra kondisi menuju pemilihan presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

"Reshuffle besar kemungkinan akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan, tidak dalam kerangka evaluasi kinerja namun lebih kepada ‘repositioning’ elite partai pendukung Jokowi dan merupakan pra kondisi menuju Pilpres 2024," demikian analisa Andi Yusran saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (13/7).

Andi menyebutkan, Jokowi akan tetap memposisikan diri sebagai master yang mengatur siapa yang diganti dan akan dipasang untuk membantu kerja pemerintahannya. Sedangkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri akan memfungsikan dirinya sebagai pengarah dalam meramu formasi kabinet terbaru.

Andi kemudian menjelaskan dasar analisanya terkait perombakan kabinet. Menurutnya, untuk menyongsong Pilpres 2024 komposisi kabinet perlu ditata ulang, khususnya terkait dengan menopang calon pemimpin yang disiapkan untuk menggantikan Jokowi pada Pilpres mendatang.

"Itu berkaitan dengan panggung tempat putra mahkota dipersiapkan dan elite yang kemungkinan menjadi kompetitor (jika ia berada di kabinet saat ini) berpeluang tergusur dalam reshuffle mendatang. Kabinet hasil reshuffle nantinya adalah kabinet ‘penyokong’ Pilpres 2024," demikian kata Andi Yusran.

Andi kemudian menyebutkan beberapa sosok potensial yang akan menjadi putra mahkota di Pilpres 2024 mendatang diantaranya Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Selain itu, dari koalisi pendukung Jokowi adalah Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto.

"Putra mahkota yang utama itu saya prediksi dari PDIP Puan Maharani dan Ganjar Pranowo, sedangkan dari Koalisi adalah Prabowo dan Airlangga," pungkas Andi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA