Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Corona Belum Surut, Sandi Minta Sekolah Mulai Beradaptasi Dengan New Normal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 13 Juli 2020, 13:56 WIB
Corona Belum Surut, Sandi Minta Sekolah Mulai Beradaptasi Dengan <i>New Normal</i>
Wakil Ketua Dewan pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno di kawasan Pasar Minggu/RMOL
rmol news logo Sektor pendidikan yang turut terdampak pandemik Covid-19 perlu dilakukan penyesuaian agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan. Salah satunya dengan metode study from home melalui pemanfaatan teknologi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Pandemik kali ini menghantam kita di era masuk ke revolusi industri 4.0. Ini adalah kesempatan kita untuk mempercepat pendidikan bahwa semua lini pendidikan harus dapat menjalankan konsep study from home,” tutur Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (13/7).

Ia mengingatkan, belajar dari rumah dengan memanfaatkan teknologi ini harus tetap dilakukan dengan kontrol dan bimbingan para orangtua.

“Tentunya kita tidak bisa melepas mereka dengan teknologi. Kita harus berikan bimbingan agar teknologi itu membantu mereka dalam meningkatkan kapasitas, proses belajar dan mengajar,” jelas Sandiaga.

Suka tidak suka, cara belajar jarak jauh inilah yang bisa dilakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19. Oleh karenanya, masyarakat terutama guru dan murid harus terbiasa dengan kebiasaan baru saat sekolah-sekolah mulai dibuka pada masa new normal.

“Saya yakin pandemik Covid-19 memberikan satu ujian bagi sistim pendidikan kita untuk beradaptasi dan bukan hanya murid, tapi guru juga beradaptasi, orang tua juga beradaptasi, lingkungan juga beradaptasi,” lanjut dia.

Dalam kesempatan ini, Sandi juga mengingatkan ke depan sistim pendidikan akan berubah. Pendidikan akan lebih mengarah pada vokasi atau peningkatan keterampilan sambil praktik.

“Dulu kita mulai masuk SMP, SMA, kuliah dan bekerja sudah berganti. Kita akan masuk ke dalam konsep di mana kuliah sambil kerja, vokasi sambil kerja. Akhirnya pendidikan itu menjadi life long learning, tidak hanya 18-20 tahun. Dengan adanya Covid ini, edukasi kita terutama experience learning akan sangat relevan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA