Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Kepada Mendagri: Kita Bisa Buat 30 Singapura Di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 13 Juli 2020, 19:22 WIB
PKS Kepada Mendagri: Kita Bisa Buat 30 Singapura Di Indonesia
RDP antara Komisi II DPR RI dengan Mendagri Tito Karnavian/RMOL
rmol news logo Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera meminta Mendagri Tito Karnavian untuk membuat pola baru dalam menyusun kebijakan secara fundamental.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya, Mardani melihat rata-rata pendapatan asli daerah di seluruh pemda cukup rendah lantaran tergantung pada pusat. Dia meminta agar menjalankan kembali fungsi otonomi daerah.

“Padahal Pak Mendagri, kalau kita menjalankan desain besar otonomi daerah dan desakan besar reformasi birokrasi, kita bisa membuat ada 15 sampai 30 Singapura di Indonesia dengan pendapatan yang luar biasa,” ucap Mardani dalam rapat kerja bersama Kemendagri, di ruang rapat Komisi II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/7).

Cita-cita tersebut bukan hal yang sulit lantaran Indonesia memiliki kekayaan alam dan sumber daya yang cukup.

Ia kemudian mencontohkan wilayah Jawa Timur di mana Pemprov dan Pemkot Sorabaya terkesan tidak sinkron dari sisi kebijakan, khususnya dalam hal penanganan Covid-19 yang sempat menjadi sorotan lantaran Surabaya masuk zona hitam.

“Bahaya sekali itu Pak Mendagri, tidak boleh terjadi lagi karena menurut saya Pak Mendagri ini adalah panglima yang menjadi orkestrasi pembangunan Pemda. Jadi betul-betul Pemda itu kuat,” katanya.

“Jadi usul saya Pak Mendagri, jalankan kembali desain besar otonomi daerah kita. Fastabiqul khoirot gitu lho," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA