Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banggar DPR Cecar Menkes Terawan Soal Serapan Anggaran Kesehatan Rendah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 15 Juli 2020, 19:52 WIB
Banggar DPR Cecar Menkes Terawan Soal Serapan Anggaran Kesehatan Rendah
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto/Net
rmol news logo Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diminta untuk menjelaskan rendahnya serapan anggaran kesehatan pada program penanganan Covid-19 di tanah air.

Adalah Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah yang meminta penjelasan Menkes Terawan dalam Rapat Badan Anggaran, Rabu (15/7).

"Pertama penanganan Covid-19, dan ramainya serapan anggaran yang rendah. Pada saat yang sama muncul dari Komisi IX karena lemahnya koordinasi antara Gugus Tugas dan Kemenkes," kata Said Abdullah.

Dia juga menyatakan tindakan oknum rumah sakit (RS) di masa pandemik Covid-19 yang culas mesti ditelusuri lebih jauh. Banyak contoh disejumlah daerah yang belakangan viral di media sosial.

"Telisik punya telisik kalau dinyatakan Covid-19 anggarannya lebih besar. Memang ini ujian betul, di Pasuruan, Jambi, Ciamis ini kan viral di mana-mana," tandasnya.

Sekadar informasi, Kementerian Keuangan menyebut anggaran kesehatan dalam penanganan dampak pandemik Covid-19 baru terserap Rp 4,48 triliun atau terserap atau 5,12 persen dari total anggaran Rp87,55 triliun.

Serapan anggaran yang sekarang juga naik dari yang sebelumnya tercatat 4,68 persen atau setara Rp 4,09 triliun.

Akibat minimnya serapan anggaran kesehatan ini, bahkan Presiden Joko Widodo pun "marah-marah'. Seperti video yang diunggah Setkab beberapa waktu lalu, dan Jokowi sempat mengancaman reshuffle. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA