Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Langkah Menko Airlangga Gandeng Importir Gula Diapresiasi DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 16 Juli 2020, 13:47 WIB
Langkah Menko Airlangga Gandeng Importir Gula Diapresiasi DPR
Anggota DPR RI, Yahya Zaini/Net
rmol news logo Kebijakan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menggandeng importir gula di masa giling tahun 2020 mendapat apresiasi dari anggota DPR RI, Yahya Zaini.

"Kebijakan yang diambil Menko Perekonomian sangat tepat untuk menjaga stabilitas harga gula petani supaya tidak anjlok," kata Yahya Zaini dalam keterangannya, Kamis (16/7).

Yahya menilai, kesepakatan dengan 12 importir gula akan memberikan kepastian penyerapan gula petani lokal. Artinya, ke depan petani memiliki kepastian pendapatan dan keuntungan yang akan diperoleh. Sebab, kata dia, harga Rp 11.200 yang ditetapkan lebih tinggi dibanding harga pasaran yang berkisar Rp 10.900 per kg.

"Tentu langkah ini akan sangat membantu perekonomian petani tebu secara langsung. Saya sendiri banyak mendapatkan keluhan dari petani di dapil yang mayoritas penghasil tebu,” urai anggota Dapil VIII Jawa Timur ini.

Dinilai menguntungkan petani lokal, kebijakan tersebut patut untuk dipertahankan secara berkelanjutan.

“Saya berharap ada pembagian tugas dari masing-masing importir untuk membeli gula petani dari pabrik gula supaya jelas pelaksanaan dari kesepakatan tersebut. Hal ini juga untuk memudahkan pengawasan di lapangan," jelasnya.

Di sisi lain, ia berharap para petani tak menjual gula di bawah harga yang disepakati sebesar Rp 11.200 per kg.

“Sudah ada selisih keuntungan yang diperoleh para importir, karena itu 12 importir yang telah bersepakat harus segera merealisasikan pembelian gula petani,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA