Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singapura Ambruk Dua Kuartal, Begini Saran Hendrawan Untuk Sri Mulyani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 16 Juli 2020, 16:54 WIB
Singapura Ambruk Dua Kuartal, Begini Saran Hendrawan Untuk Sri Mulyani
Anggota Komisi XI DPR RI, Hendrawan Supratikno/Net
rmol news logo Ekonomi Singapura ambruk dalam dua kuartal terakhir akibat hantaman keras pandemik Covid-19. Indonesia sebagai negara tetangga pun diharapkan mampu mengantisipasi resesi yang saat ini tengah menghantui.

Beragam kebijakan sudah dilakukan pemerintah Indonesia untuk menghidupkan mesin ekonomi nasional, salah satunya burden sharing dan juga meningkatkan UMKM sebagai penggerak motor ekonomi.

Namun demikian, anggota Komisi XI DPR RI, Hendrawan Supratikno menyampaikan tidak cukup hanya meningkatkan UMKM, pemerintah juga harus mampu bersinergi lintas bidang.

“Harus dilakukan koordinasi dan sinergi lintas sektor, lintas bidang. Kita tahu dampak pandemik memang berat,” ujar Hendrawan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/7).

Politisi PDI Perjuangan ini memprediksi ekonomi nasional bakal minus hingga tiga bulan ke depan. Oleh karenanya, ia meminta pemerintah melakukan upaya perbaikan dalam pengaturan pengelolaan keuangan negara.

“Perkiraan saya dua triwulan ke depan masih akan minus. Mudah-mudahan triwulan keempat (Oktober-Desember) sudah bisa positif,” bebernya.

Hendrawan meminta agar seluruh sektor ekonomi bangkit menghadapi pandemik ini, dan mendorong UMKM secara maksimal.

“Semua sektor harus bangkit. UMKM di atas kertas membutuhkan tenaga ungkit yang lebih kecil dibanding usaha besar. UMKM juga lebih banyak menyerap tenaga kerja, sehingga mendongkrak peningkatan daya beli lebih cepat,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.