Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Megawati Untuk Cakada: Jadikan Pancasila Dasar Kebijakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 17 Juli 2020, 19:06 WIB
Pesan Megawati Untuk Cakada: Jadikan Pancasila Dasar Kebijakan
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat pengumuman rekomendasi Cakada yang diusung PDIP/Repro
rmol news logo Pancasila menjadi hal yang ditekankan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri saat memberikan amanat kepada calon kepala daerah di 45 wilayah yang diumumkan hari ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mega meminta, para calon kepala daerah yang diusung partainya menjadi pemimpin mumpuni dan kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar, serta tujuan kebijakan yang diambil.

"Pemimpin yang mumpuni itu adalah pemimpin yang kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar, dan tujuan bagi seluruh kebijakan politik yang diambil," kata Megawati, Jumat ( 17/7).

Ditekankan, kepala daerah harus mengerti aspek perencanaan kebijakan, dan menjalankannya melalui kepemimpinan yang efektif. "Dan jangan lupa selalu berada bersama rakyat," tambahnya.

Pemimpin juga harus tetap mempunyai spirit sehingga tidak mudah tergoyahkan dalam menghadapi ujian dan tantangan. Bukan tanpa alasan, menurutnya tugas seorang kepala daerah tidaklah mudah.

"Saya tidak akan selalu lupa mengatakan tetaplah selalu bersatu dengan rakyat yang kamu pimpin. Dan apapun juga, seorang pemimpin tidak boleh lupa harus menyatukan antara pikiran dan nurani. Kalau kedua hal ini menjadi satu, Insya Allahyang sudah saya beri rekomendasi ini pasti akan bisa menjalankannya dengan baik," papar presiden kelima RI ini.

Di sisi lain, untuk memperkuat konsolidasi kepemimpinan itu, pihaknya sudah memerintahkan DPP PDIP agar para calon kepala daerah segera mengikuti sekolah partai. Meskipun ada kendala teknis akibat pandemi Covid-19, sekolah partai merupakan keharusan.

"Dan nanti dapat dilakukan secara online. Dengan demikian, kita berharap dapat menghasilkan pemimpin yang mumpuni dan selalu mengayomi rakyatnya," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA