Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda Dengan Singapura Dan Thailand, Indonesia Masih Punya Peluang Terbebas Dari Resesi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 18 Juli 2020, 03:42 WIB
Beda Dengan Singapura Dan Thailand, Indonesia Masih Punya Peluang Terbebas Dari Resesi
Ekonom Dradjad Wibowo/Net
rmol news logo Sejumlah pakar ekonomi internasional memprediksi Indonesia bakal mengalami resesi di kuartal ketiga dalam hantaman pandemik Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang dikatakan pakar ekonomi senior, Dradjad H Wibowo ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/7)

"Jadi, kalau melihat situasi itu, di kuartal ketiga memang risiko resesi bagi Indonesia itu semakin tinggi. Kesimpulannya seperti itu," kata Dradjad.

Menurutnya, mimpi buruk resesi bakal terjadi jika Indonesia tidak mampu mempertahankan konsumsi rumah tangga atau konsumsi domestiknya.

"Kuncinya kita harus pertahankan konsumsi rumah tangga. Kalau pemerintah tidak bisa menjaga konsumsi rumah tangga, ya peluangnya itu sudah sangat tinggi (terjadi resesi)," imbuhnya.

"Apakah kita bisa hindarkan? Sangat bisa. Beda dengan Singapura dan Thailand, mereka konsumsi rumah tangganya tidak sebesar Indonesia," ucapnya.

Oleh karena itu, Dradjad yakin bahwa Indonesia masih bisa bangkit bila pemerintah mampu menjaga konsumsi dalam negeri, bahkan bukan tidak mungkin akan tumbuh positif di kuartal ketiga.

"Jadi, saya sebenarnya masih meyakini kita masih bisa tumbuh positif di kuartal ketiga," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA