Menpora Zainuddin Amali: Generasi Muda Harus Kreatif Manfaatkan Konten Digital Untuk Survive Di Era Covid-19

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali/Net

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, khususnya internet membawa pengaruh positif yang siginfikan pada percepatan penyebaran informasi yang dapat menjangkau khalayak luas.

Begitu dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali pada acara Indonesia Digital Content Week 2020 Batch 2 yang diselenggarakan oleh Sobat Cyber Indonesia, BAKTI Kominfo dan Kemenkominfo, Senin (20/7).

Menpora Zainuddin mengapresiasi kegiatan pelatihan pembuatan konten digital tersebut sebagai sarana mengasah ide-ide baru dari kalangan milenial.

Kata dia, Kemenpora bersedia untuk berkolaborasi agar ide-ide baru lebih kuat lagi dengan tujuan yang memotivasi dan membuat masyarakat lebih optimis dalam keadaan duka pandemik Covid-19 yang belum juga berlalu.

Apalagi untuk masyarakat yang terkena dampak PHK, dapat langsung beralih untuk tidak down atau frustasi dengan mencari hal baru yang dapat meningkatkan rasa keinginan untuk maju kembali.

“Pemerintah Indonesia ingin masyarakatnya gerak cepat dan tidak boleh tertinggal dari negara lain untuk mengetahui dan mendalami di jaman modern seperti ini," ujar Zainuddin.

"Sistem yang ada sekarang ini, aktivitas nyata yang tadinya dilakukan di dunia normal harus beralih ke bantuan teknologi dan tentu wajib kita dalami. Orang harus tetap survive di new normal ini dengan menciptakan kreasi-kreasi konten dan kecanggihan teknologi,” imbuhnya.

Sambungnya, Sobat Cyber Indonesia sebagai kelompok kegiatan masyarakat khusunya pemuda diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pemerintah.
Alasannya, kata politisi Partai Golkar itu, melihat Indonesia adalah salah satu negara yang dianugerahi bonus demografi tertinggi di dunia.

“Dengan adanya Sobat Cyber Indonesia, semoga ini dapat membangun masyarakat yang sedang down atau frustasi agar lebih termotivasi dan optimis walaupun dunia sedang berduka seperti ini," katanya.

"Adanya pelatihan-pelatihan seperti ini pemerintah siap berkolaborasi untuk memotivasi masyarakat agar dapat beradaptasi dengan dunia teknologi dengan membuat konten-konten kreatif yang berdamak positif dan mendapatkan pendapatan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia, Virna Lim mengatakan, pelatihan ini dapat membawa manfaat dan semangat kepada generasi muda Indonesia guna untuk meningkatkan kompetensi di bidang digital.

Terlebih, semua orang sudah mengetahui melalui beberapa lembaga survey, pengguna internet dan gadget terbesar di miliki oleh kaum muda, dengan rentang usia 15-35 tahun.

“Di harapkan millenials Indonesia dapat memanfaatkan dengan baik era digital yang tengah berkembang cepat di negara kita, apalagi setelah wabah Covid-19 melanda di Indonesia, Internet telah menjadi bagian penting di kehidupan," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

Tolak Penundaan Pilkada, Hasto: Justru Pemimpin Harus Digembleng Di Tengah Pandemi
Politik

Tolak Penundaan Pilkada, Has..

21 September 2020 05:56
PDIP Merespons Klarifikasi Menteri Nadiem Soal Penghapusan Mapel Sejarah
Politik

PDIP Merespons Klarifikasi M..

21 September 2020 05:43
Bawaslu Tidak Tutup Kemungkinan Tersangkakan Pelaku Dugaan Mahar Politik Pilkada Merauke
Politik

Bawaslu Tidak Tutup Kemungki..

21 September 2020 04:22
Di Hadapan G20, Kemenkeu Akan Perkuat Kerja Sama Untuk Pemulihan Ekonomi
Politik

Di Hadapan G20, Kemenkeu Aka..

21 September 2020 03:47
DPR: Nadiem Hilangkan Jati Diri Bangsa Kalau Benar Hapus Pelajaran Sejarah
Politik

DPR: Nadiem Hilangkan Jati D..

21 September 2020 03:22
Pakar Hukum: Penundaan Pilkada Berpotensi Melanggar Hak Konstitusional
Politik

Pakar Hukum: Penundaan Pilka..

21 September 2020 02:41
Perdana Bicara Di PBB, Pimpinan MPR Berharap Jokowi Tegas Soal OPM
Politik

Perdana Bicara Di PBB, Pimpi..

21 September 2020 02:11
Giliran MUI Bersikap, Minta Pilkada Di Tengah Pandemi Dikaji Ulang
Politik

Giliran MUI Bersikap, Minta ..

21 September 2020 01:44