Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemkot Pontianak Gandeng OK OCE Indonesia Untuk Pemulihan UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/darmansyah-1'>DARMANSYAH</a>
LAPORAN: DARMANSYAH
  • Selasa, 21 Juli 2020, 01:31 WIB
Pemkot Pontianak Gandeng OK OCE Indonesia Untuk Pemulihan UMKM
Penandatanganan kerja sama OK OCE dengan pemerintah Kota Pontianak secara virtual/Repro
rmol news logo Pemerintah Kota Pontianak menggandeng OK OCE Indonesia dalam rangka memulihkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak akibat pandemik corona virus baru (Covid-19).

Tujuannya, agar dapat meminimalisir kesulitan yang dihadapi para pelaku UMKM saat ini. Kerja sama keduanya dilakukan dengan penandatanganan MoU secara virtual antara Pemerintah Kota Pontianak dengan Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Uno, Senin (20/7).

"Hal yang menjadi harapan kita ini adalah kolaborasi. Mari kita songsong MoU ini dengan semangat. Yakinlah, walaupun pandemik membawa kita sulit, membawa ekonomi terjepit, namun kita harus bangkit. Kita harus menang melawan Covid, yes we can do it," kata Sandiaga Uno.

Tidak hanya berinisiatif menyelamatkan sektor UMKM, dalam kesempatan tersebut Sandi Uno turut mengapresiasi kinerja Provinsi Kalimantan yang mampu menekan inflasi pada kuartal pertama tahun 2020. Padahal diketahui, kuartal pertama merupakan awal pandemik Covid-19 ditemukan di Indonesia.

"(Tingkat inflasi) Kalimantan dengan nasional masih lebih tinggi, 4,60 % di kuartal I. Saya ingin apresiasi Kalimantan mampu menekan inflasi hingga 13,6 persen," jelas Sandi.

Sandi menjelaskan bahwa efek inflasi bisa sangat berpengaruh pada UMKM. Selama pandemik, permintaan masyarakat menurun.

Untuk itu, perlu cara-cara lain untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Salah satunya dengan subtitusi impor yang mampu meluaskan ketahanan pangan. Bersamaan dengan hal tersebut, langkah utama dalam menyelamatkan UMKM adalah pendampingan.

"Salah satu kurikulum OK OCE Indonesia dalam langkah 7 PAS (Pasti Akan Sukses) adalah pendampingan. Maka dari adanya kolaborasi ini akan adanya pendampingan untuk UMKM di Pontianak," tutupnya.

Sementara itu, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, banyak pelaku usaha di wilayahnya mengalami kesulitan dalam pemenuhan bahan baku dan pemasaran. Dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan mampu membantu UMKM.

"Perlu adanya pendampingan, penyediaan bahan baku misalnya ada dari daerah lain, bisa dibantu ke Pontianak. Tidak kalah penting adalah pemasaran, karena ini kunci mendapatkan penghasilan pelaku usaha," ucapnya.

Selain Walikota Pontianak, dalam acara ini juga hadir OK OCE Forever Kalimantan Barat dan OK OCE FOMEKA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA