Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keuangan Syariah Didorong Mudahkan Permodalan UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 21 Juli 2020, 06:44 WIB
Keuangan Syariah Didorong Mudahkan Permodalan UMKM
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno (kanan)/RMOL
rmol news logo Tak dipungkiri virus corona baru (Covid-19) yang melanda dunia telah mengakibatkan krisis, mulai dari krisis kesehatan hingga ekonomi.

Namun demikian, dari sekian banyak sektor usaha yang terdampak, bisnis di bidang syariah justru dipandang akan menjadi solusi krisis ekonomi di Indonesia, terutama keuangan berbasis syariah.

“Saya melihat bisnis (keuangan) syariah akan berkembang secara signifikan pasca pandemik ini,” kata pengusaha dan pendiri OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (20/7).

Menurut Sandi, keuangan berbasis syariah sangat menjujung nilai keadilan karena mampu memberikan keleluasaan serta kelonggaran kepada para pelaku usaha dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Ternyata ada opsi tanpa riba yang syari, yang sesuai perintah Allah. Oleh karena itu, mari kita dorong satu terobosan, Bank Infaq atau bank syariah lainnya. Karena ternyata sistem berbasis liberal dan kapitalis gagal dalam mengantisipasi krisis ekonomi yang dipicu Covid-19 ini,” urai mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sandi menegaskan, untuk mengatasi krisis yang terjadi saat ini harus ditumbuhkan wirausahawan atau pelaku usaha UMKM. Salah satunya dengan memberi kemudahan perizinan.

“Kalau kita ingin memajukan ekonomi, kita harus memberikan keberpihakan, kemudahan perizinan pada UMKM,” lanjutnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini berujar, dengan adanya ekonomi syariah, akan memberikan kelonggaran kepada para usahawan yang sedang membutuhkan, terutama soal permodalan tanpa riba atau bunga.

“Sisi kemanusiaan justru muncul di tengah-tengah krisis. Yang punya kelebihan membantu yang kekurangan, yang berkecukupan membantu yang perlu bantuan. Lembaga Keuangan syariah ini jadi fasilitatornya di masa pandemik Covid-19,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA