Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Hinca WA Erick Thohir, Demokrat Batal Layangkan Surat Keberatan Soal Dirut Inalum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 21 Juli 2020, 13:12 WIB
Setelah Hinca WA Erick Thohir, Demokrat Batal Layangkan Surat Keberatan Soal Dirut Inalum
Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron/Net
rmol news logo Partai Demokrat batal melayangkan surat keberatan kepada Menteri BUMN, Erick Thohir perihal sikap dinilai kurang sopan Dirut PT. Inalum, Oerias Petrus Moedak terhadap salah satu anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Demokrat, M. Natsir soal utang Inalum dalam akuisisi PT. Freeport dalam rapat kerja bersama Komisi VI.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron saat dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/7).

Dia menambahkan DPR memiliki fungsi pengawasan terhadap eksekutif, sehingga menurutnya Natsir wajar menanyakan utang Inalum kepada Dirut Oerias dan tidak memperpanjang perkara tersebut.

"Tidak ada surat itu, itu kan hak pengawasan dari seluruh anggota DPR RI itu kan menjadi tugas penerimaan. Pak Nasir sudah mempertanyakan secara lisan, dan itu semestinya sebagai mitra harusnya memberikan respon, respon yang subtantif," ujar Herman.

Menurut anggota DPR ini, apa yang pertanyakan Natsir sudah sesuai dengan konteks fungsi pengawasan yang dimiliki DPR. Sehingga harus direspon oleh mitra kerja Komisi VI secara jelas melalui data dan fakta yang detil.

Dia menyarankan kepada Erick Thohir untuk dapat mengevaluasi anak buahnya dan jika dimungkinan dicopot dari jabatannya tersebut.

"Karena secara materi apa yang disampaikan oleh Pak Nasir bagus itu. Menurut saya justru eksekutif yang tidak memiliki etika di dalam rapat ya semestinya diganti sajalah oleh Pak Erick," katanya.

"Kita butuh para dirut yang memiliki kapasitas, integritas, kapabilitas dan terbuka kepada publik secara data harus diungkap ya," imbuhnya.

Kantor Berita Politik RMOL sebelumnya mendapatkan informasi bahwa anggota DPR Demokrat, Hinca Panjaitan telah menyampaikan keluhannya kepada Erick Thohir mengenai sikap dirut Inalum lewat pesan singkat whatsapp.

Saat dikonfirmasi secara langsung kepada Hinca Panjaitan, pihaknya belum memberikan respon mengenai adanya informasi lobi-lobi Demokrat dengan Erick Thohir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA