Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Apresiasi Pembubaran Gugus Tugas, PAN: Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Harus Dikerjakan Bersamaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 21 Juli 2020, 15:38 WIB
Apresiasi Pembubaran Gugus Tugas, PAN: Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Harus Dikerjakan Bersamaan
Plh Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay/RMOL
rmol news logo Fraksi PAN mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang mengubah struktur birokrasi penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dengan struktur baru ini, setidaknya ada dua penekanan yang hendak dicapai antara lain; aspek kesehatan dan aspek ekonomi. Diharapkan, dengan struktur baru ini, penanganan Covid-19 di Indonesia akan lebih berhasil.

Demikian disampaikan Plh Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (21/7).

"Ini mungkin yang disebut presiden sebagai opsi pembubaran atau pembentukan lembaga tempo hari. Dengan membubarkan gugus tugas lalu menggantinya dengan Komite Penanganan Covid-1,9 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) diharapkan kinerjanya semakin meningkat," kata Saleh Daulay.

"Apalagi secara struktural, komite ini membawahi dua satuan tugas yang menangani aspek kesehatan dan ekonomi secara bersamaan. Dengan begitu, akan kelihatan siapa yang akan mengerjakan apa," imbuhnya.

Saleh berharap, pembagian tugas di struktur baru ini dapat dilakukan lebih adil. Proporsi program kerja dibagi secara merata dengan tidak mendahulukan pemulihan ekonomi dan meninggalkan penanganan kesehatan.

"Keduanya harus dikerjakan secara bersamaan," tekannya.

Sambung anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN ini, begitu juga alokasi anggaran. Ini harus memperhitungkan berbagai dimensi terkait dan jangan sampai anggaran untuk stimulus bidang keuangan jauh melebihi biaya pengobatan Covid-19. Sebab, kasus positif Covid-19 masih mengalami kenaikan.

"Ini tetap harus menjadi perhatian utama," tegas Saleh Daulay.

Selain itu, selaku Ketua Harian Komite Penanganan Covid-19 dan PEN Erick Thohir juga diharapkan bisa membuktikan bahwa ada progresivitas dalam pemutusan mata rantai virus dan juga pemulihan ekonomi nasional.

"Tugas ini tidak mudah. Banyak masyarakat yang menaruh harapan besar. Semua pihak diharapkan dapat berkontribusi dan berpartisipasi," tuturnya.

"Komite ini sangat layak diberi waktu untuk bekerja. Tentu siapa pun boleh memberikan usul dan masukan. Setidaknya untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun program dan perumusan langkah-langkah strategis ke depan," demikian Saleh Daulay. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA