Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Pilkada Tangsel Adalah Arena Pertarungan Dinasti Atut, Prabowo Connection Dan Jaringan Maruf Amin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 22 Juli 2020, 03:26 WIB
Pengamat: Pilkada Tangsel Adalah Arena Pertarungan Dinasti Atut, Prabowo <i>Connection</i> Dan Jaringan Maruf Amin
Direktur Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara/Net
rmol news logo Di antara wilayah yang menggelar Pilkada 2020, pertarungan di Tangerang Selatan diprediksi menjadi salah satu yang menarik.

Setidaknya, ada tiga pasangan yang sudah mendapat dukungan dari partai politik pemilik kursi di Tangsel, yakni Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, Siti Nur Azizah-Ruhama Ben, dan Muhammad-Rahayu Saraswati.

"Pilkada Tangsel paling seru. Muncul tiga pasangan Cawalkot yang merepresentasikan tiga poros kekuatan besar dari dinasti Atut, Prabowo Subianto connection, dan jaringan Ma'ruf Amin," kata Direktur Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/7).

Paslon Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan, kata dia, dipastikan akan berjuang habis-habisan, karena menjadi representasi petahana Airin Rachmi Diany sebagai bagian dari dinasti Ratu Atut dan keberlanjutan kekuasaan Partai Golkar di Tangsel.

"Kemudian Pilar Saga merupakan anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Kemenangan Jokowi-Maruf di Tangsel saat Pemilu 2019 tidak lepas dari hasil kerja mesin politik Golkar dan pesona Airin. Tangsel menjadi satu-satunya wilayah yang memenangkan Jokowi-Maruf di Provinsi Banten," jelasnya.

Di samping itu, jelasnya, jaringan birokrasi yang dirawat Airin-Davnie serta loyalis dinasti Atut adalah modal penting bagi pasangan ini.

Kekuatan yang berada di belakang Siti Nur Azizah yang dipasangkan dengan politikus PKS, Ruhama Ben juga tak bisa dianggap remeh. Ia meyakini, Demokrat-PKS yang mendukung pasangan tersebut diprediksi akan diperkuat PKB.

"Faktor Azizah sebagai bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) bisa jadi pertimbangan, apalagi ayah Siti Nur Azizah, KH Maruf Amin salah satu tokoh pendiri PKB. Jaringan Maruf Amin plus basis massa dan mesin PKS menjadi kekuatan untuk meraup suara pemilih muslim (tradisional) di Tangsel yang jumlahnya cukup besar," urai Igor.

"Paslon terakhir adalah Muhammad-Rahayu Saraswati. Ini paket koalisi besar antara PDIP dan Gerindra. Pemilih muda dan komunitas betawi yang tinggal di Tangsel juga cenderung bisa diraup oleh pasangan ini," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA