Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demokrat Masuk 4 Besar Bukti AHY Berhasil Gabungkan Loyalis SBY Dan Gerbong Anak Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 22 Juli 2020, 11:08 WIB
Demokrat Masuk 4 Besar Bukti AHY Berhasil Gabungkan Loyalis SBY Dan Gerbong Anak Muda
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan para kader Demokrat/Net
rmol news logo Posisi sebagai oposisi telah menguntungkan Partai Demokrat. Terbukti sebagaimana hasil survei Indikator Politik, elektabilitas partai berlambang mercy itu masuk dalam empat besar.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah merekam bahwa ada kekecewaan publik pada koalisi pemerintah. Sementara Demokrat dinilai sebagai saluran yang telah menyuarakan kekecewaan mereka.

“Jadi karena ada kekecewaan terhadap koalisi pemerintah. Ini mungkin terjadi juga pada partai oposisi lain yang memang konsisten,” ujarnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Rabu (22/7).

Selain itu, kehadiran Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketua umum juga berpengaruh kuat pada Partai Demokrat.

AHY berhasil membawa gerbong anak-anak muda partai lebih lincah bergerak selama pandemik. Di satu sisi, orang-orang dekat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap loyal pada AHY.

"Paling tidak karena dua hal, AHY sebagai tokoh muda dan representasi SBY. Jadi ini semacam penggabungan loyalis SBY dan AHY," demikian Dedi Kurnia Syah.

Indikator Politik telah merilis survei terkait keterpilihan atau elektabilitas partai politik jika pemilu DPR digelar dalam waktu dekat. Hasilnya, PDI Perjuangan masih belum bisa dilawan partai lain. Partai banteng moncong putih ini dinilai tetap berada di puncak klasemen.

Kemudian posisi kedua ada Partai Gerindra dengan 17,7 persen dan disusul Partai Golkar di tempat ketiga dengan 8,3 persen.

Menariknya, di posisi keempat ada nama Partai Demokrat yang baru saja berganti pucuk pimpinan dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Partai berlambang mercy itu mendapat elektabilitas sebesar 5,7 persen atau berada di atas PKB (5 persen), Nasdem (4,5 persen), dan PKS (4,4 persen). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA