Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Diterpa Isu Negatif, Elektabilitas PDIP Masih Nomor Satu, Disusul Gerindra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 Juli 2020, 01:11 WIB
Meski Diterpa Isu Negatif, Elektabilitas PDIP Masih Nomor Satu, Disusul Gerindra
Hasil survei Charta Politika terhadap ekeltabilitas partai politik menuju Pemilu 2024/Net
rmol news logo Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih tinggi dalam survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia terkait elektabilitas partai politik dalam Pileg 2024.

"Elektabilitas parpol, ini asumsi bila Pileg dilakukan dengan metode tertutup. PDIP masih berada di peringkat pertama 20,5%, kedua Gerindra 14,2%, Golkar 10,3%, PKB 8,7%, PKS 8,1%," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, Rabu (22/7).

Selanjutnya ada Partai Nasdem dengan elektabilitas 8,0 %, Partai Demokrat 6,0 %, Partai Amanat Nasional (PAN) 2,3 %, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2,2 %, Perindo 1,7 %, dan PSI 1,6 %. Di luar partai tersebut elektabilitasnya masih di bawah 1 persen.

Dengan elektabilitas tersebut menunjukkan bahwa PDIP sebagai partai pemenang pemilu 2019 masih menjadi idola meski belakangan diterpa beragam isu.

"Walaupun diterpa banyak berita negatif untuk menjatuhkan partai politik yang diketuai Megawati Soekarnoputri ini, tapi kepercayaan masyarakat terhadap PDIP masih tinggi," tandasnya.

Survei ini dilakukan kepada 2.000 responden yang disodori 16 partai nasional peserta pemilu dengan pertanyaan jika pemilu legislatif dilaksanakan hari ini, partai politik manakah yang bapak/ibu/saudara pilih.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon dengan metode simple random sampling pada 6-12 Juli 2020. Margin of error sebesar 2,19% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA